Pengawasan Pemerintah Daerah terhadap pengendalian Pencemaran Sampah Plastik di Kawasan Hutan Mangrove Tongke- tongke Kabupaten Sinjai = Local Government supervision of plastic waste pollution control in the tongke- tongke mangrove forest area of Sinjai Regency


Mutmainnah. R, Mutmainnah. R (2023) Pengawasan Pemerintah Daerah terhadap pengendalian Pencemaran Sampah Plastik di Kawasan Hutan Mangrove Tongke- tongke Kabupaten Sinjai = Local Government supervision of plastic waste pollution control in the tongke- tongke mangrove forest area of Sinjai Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11116012_skripsi_09-03-2023 cover1.jpg

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B11116012_skripsi_09-03-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B11116012_skripsi_09-03-2023 dp.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B11116012_skripsi_09-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 May 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

MUTMAINNAH. R (B111 16 012) PENGAWASAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP PENGENDALIAN PENCEMARAN SAMPAH PLASTIK DI KAWASAN HUTAN MANGROVE TONGKE- TONGKE
KABUPATEN SINJAI. Di bawah bimbingan (Prof. Dr. Irwansyah, S.H.,
M.H. )selaku pembimbing utama dan (Ariani Arifin, S.H., M.H). selaku pembimbing
pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami Pengawasan Pemerintah Daerah dan Faktor- faktor yang mempengaruhi pengawasan pemerintah daerah terhadap pengendalian pencemaran sampah plastik di kawasan hutan mangrove Tongke- tongke Kabupaten Sinjai.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu Studi lapangan (field research) dan studi kepustakaan (library research). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengawasan Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai di kawasan hutan mangrove Tongke- tongke dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai berkoordinasi dengan Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis). Akan tetapi pengawasan yang dilakukan belum mencapai hasil yang maksimal, hal ini dapat dilihat dengan masih banyaknya sampah plastik di area hutan mangrove Tongke- tongke. (2) Adapun Faktor yang mempengaruhi pengawasan Pemerintah Daerah terdiri atas faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor Pendukung antara lain adanya kerja sama dan bantuan dari beberapa instansi untuk menunjang kebersihan kawasan wisata. Faktor penghambat sebagai berikut Banyaknya sumber sampahplastik yang bermuara di laut, baik itu sampah kiriman, sampah rumah tangga ataupun sampah dari kegiatan pariwisata itu sendiri, Ketersediaan dana dan fasilitas yang ada di kawasan wisata belum memadai, dan Kebiasaan masyarakat sekitar dan pengunjung membuang sampah bukan pada tempatnya.

Kata Kunci: Pengawasan, Pemerintah Daerah, Sampah Plastik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Surveillance, Local Government, Plastic Waste
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 May 2023 00:54
Last Modified: 29 May 2023 00:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26766

Actions (login required)

View Item
View Item