Prediksi Transportasi Sedimen Akibat Gerakan Gelombang Irreguler


Taufiqur Rachman1, - and Suntoyo2, - Prediksi Transportasi Sedimen Akibat Gerakan Gelombang Irreguler. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, Vol. 4, No. 2, Hlm. 318-334, Desember 2012.

[thumbnail of 6 Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis 4(2)_Prediksi Transportasi Sedimen Akibat Gerakan Gelombang Irreguler.pdf] Text
6 Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis 4(2)_Prediksi Transportasi Sedimen Akibat Gerakan Gelombang Irreguler.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)

Abstract (Abstrak)

Pada dasarnya gelombang di lingkungan pantai adalah irreguler dan memiliki bentuk acak dengan tinggi dan periode tidak konstan. Keakuratan prediksi laju transportasi sedimen adalah tahapan terpenting dalam studi morfologi pantai dan lingkungan laut. Selain itu, prediksi pemodelan morfologi dekat pantai adalah lebih efisien jika menggunakan pendekatan perhitungan tegangan geser dasar untuk keperluan praktis daripada pendekatan yang lebih kompleks dengan pemodelan dua fase. Dalam makalah ini, perhitungan transportasi sedimen didasarkan pada pemodelan tegangan geser dasar yang diusulkan dengan validasi data dari hasil eksperimen turbulent bottom boundary layer di atas dasar kasar gelombang irreguler. Pendekatan baru estimasi tegangan geser dasar ini didasarkan pada penggabungan kecepatan dan percepatan. Selanjutnya pendekatan baru tegangan geser dasar ini diterapkan untuk merumuskan laju transportasi sedimen sheet flow untuk gelombang irreguler dengan menggunakan data percobaan dari Dibadjnia dan Watanabe (1998) dan formulasi secara empiris diperoleh.

Item Type: Article
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 25 May 2023 02:44
Last Modified: 25 May 2023 02:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26735

Actions (login required)

View Item
View Item