TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN YANG DILAKUKAN PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) (Studi Kasus Putusan NO. 1735/Pid.B/2009/PN.Mks)


ANINDYATI ZD, ANINDYATI ZD (2010) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN YANG DILAKUKAN PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) (Studi Kasus Putusan NO. 1735/Pid.B/2009/PN.Mks). Skripsi thesis, Uniniversitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
ANINDYATI ZD.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hukum terhadap tindak pidana penipuan yang dilakukan oleh salah seorang pegawai negeri sipil di Pengadilan Negeri Makassar, untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pegawai negeri sipil yang melakukan tindak pidana penipuan di Pengadilan Makassar.
Penelitian ini dilaksanakan di Pengadilan Negeri Makassar dengan mengambil salinan putusan pengadilan mengenai kasus yang terkait dengan judul skripsi. Di samping itu, peneliti juga melakukan studi kepustakaan dengan cara menelaah buku-buku, literatur serta peraturan perundang-undangan y a r. g berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam skripsi ini.
Temuan yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: 1) Penerapan ketentuan pidana terhadap pelaku tindak pidana penipuan yang dilakukan oleh pegawai negeri sipil dalam perkara no.1735/Pid.B/2009/PN.Mks. yaitu melanggar ketentuan pidana pasal 378 KUHP. 2) Pertimbangan hukum hakim berdasarkan alat-alat bukti yakni keterangan saksi dan keterangan terdakwa, serta barang bukti yang diajukan dalam surat dakwaan oleh penuntut umum serta fakta-fakta lengkap di persidangan, diperkuat oleh keyakinan hakim itu sendiri telah sesuai dengan KUHP yang berlaku. Hakim menjatuhkan pidana kepada terdakwa selama 1 tahun 6 bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 29 May 2023 01:16
Last Modified: 29 May 2023 01:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26708

Actions (login required)

View Item
View Item