ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN HASIL TANGKAPAN IKAN PADA PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) PAOTERE MAKASSAR


HASNIAR, HASNIAR (2014) ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN HASIL TANGKAPAN IKAN PADA PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) PAOTERE MAKASSAR. Skripsi thesis, Uniniversitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
--hasniar-5476-1-14-hasni-2.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bauran Pemasaran
Terhadap Hasil Penjualan Tangkapan Ikan Pada Pangkalan Pedaratan Ikan (PPI)
Paotere Makassar. Variabel Independen penelitian yang diteliti, yaitu produk (X1), harga
(X2), promosi (X3), dan distribusi (X4) dengan variabel dependen yaitu penjulan
tangkapan ikan (Y) pada pangkalan pendaratan ikan (PPI) Paotere.
11
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 responden ponggawa
pedagang dan pegawai PPI di Makassar. Sedangkan pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling atau non probability sampling yang merupakan
tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan
tertentu. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan
uji realibilitas. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi
berganda diperoleh persamaan: Y = 7,000 + 0,339X1 + 0,419X2 + (- 0,154) X3
+ 0,151X4 + e. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap Penjualan
(Y) adalah variabe produk (X1). Artinya apabila Pelelangan Ikan di PPI Paotere
Makassar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas Produk dalam hal ini
berbagai jenis Ikan maka penjualan di Pelelangan Ikan PPI Paotere Makassar
akan semakin meningkat serta dapat menjadi semakin unggul dan menjadi
tempat pilihan utama dari para konsumen di wilayah Makassar dan sekitarnya.
Koefisien regresi variabel Produk (X1) sebesar 0,339; artinya jika produk
mengalami kenaikan sebesar 1 satuan, maka Penjualan (Y) akan mengalami
peningkatan sebesar 0,339. Koefisien bernilai positif antara Produk dengan
Penjualan, maka semakin tinggi tingkat Produk maka penjualan akan semakin
tinggi. Koefisien regresi variabel Harga (X2) sebesar 0,419; artinya jika Harga
mengalami kenaikan sebesar 1 satuan, maka Penjualan (Y) akan mengalami
peningkatan sebesar 0,419. Koefisien bernilai positif antara Harga dengan
Penjualan, maka semakin tinggi tingkat Harga maka penjualan akan semakin
tinggi. Koefisien regresi variabel promosi (X3) sebesar -0,154; artinya jika
promosi mengalami kenaikan sebesar 1 satuan, maka penjualan (Y) akan
menurun sebesar -0,154. Koefisien bernilai negatif antara Promosi dengan
Penjualan, maka semakin tinggi promosi maka penjualan akan semakin rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran pemasaran, produk, harga, promosi, distribusi, penjualan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 22 May 2023 05:55
Last Modified: 22 May 2023 05:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26580

Actions (login required)

View Item
View Item