Analisis Determinan Tingkat Kemiskinan Di Indonesia = Analysis of The Determinants Level of Poverty in Indonesia


Walinono, Andi Muhammad Iqbal (2022) Analisis Determinan Tingkat Kemiskinan Di Indonesia = Analysis of The Determinants Level of Poverty in Indonesia. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A013192002_disertasi_02-02-2023 cover1.jpg

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A013192002_disertasi_02-02-2023 bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A013192002_disertasi_02-02-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A013192002_disertasi_02-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 May 2025.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Kemiskinan dan ketimpangan pendapatan di Indonesia yang cukup tinggi diharapkan dalam mengatasinya dengan memanfaatkan pengelolaan dana perimbangan, dana desa, anggaran infrastruktur, investasi, pertumbuhan ekonomi, dan inflasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung dana perimbangan, dana desa, anggaran infrastruktur dan inflasi terhadap tingkat kemiskinan melalui investasi, pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan serta mengeksploitasinya ke dalam model konseptual yang berpijak kepada teori utama, yaitu teori Keynes, Adolf Wagner, Myrdal, dan Harrod Domar. Penelitian ini menggunakan desain eksplanatoris. Jenis data yang digunakan adalah data panel yang merupakan data 33 provinsi di Indonesia tahun 2015-2021. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan menggunakan program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dana perimbangan secara tidak langsung terhadap kemiskinan berpengaruh negatif melalui investasi dan berpengaruh positif melalui pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan. Dana desa secara langsung berpengaruh positif terhadap kemiskinan. Anggaran infrastruktur berpengaruh negatif terhadap kemiskinan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui investasi, dan berpengaruh positif melalui ketimpangan pendapatan. Inflasi secara tidak langsung dapat berpengaruh positif terhadap kemiskinan melalui investasi. Pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan secara langsung berpengaruh negatif terhadap kemiskinan. Pertumbuhan ekonomi secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap kemiskinan melalui ketimpangan pendapatan. Ketimpangan pendapatan secara langsung berpengaruh positif terhadap kemiskinan. Secara umum dana perimbangan dapat meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi yang selanjutnya dapat menekan angka kemiskinan, namun dapat meningkatkan ketimpangan pendapatan. Dana desa yang tidak dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat justru tidak dapat menekan angka kemiskinan. Anggaran infrastruktur dapat meningkatkan investasi, namun justru dapat meningkatkan ketimpangan pendapatan. lnflasi yang tinggi dapat meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi, namun justru meningkatkan ketimpangan pendapatan. Tingginya investasi dan rendahnya ketimpangan pendapatan dapat menurunkan angka kemiskinan. Pertumbuhan ekonomi yang tidak merata justru akan meningkatkan ketimpangan pendapatan yang selanjutnya akan meningkatkan angka kemiskinan.

Keywords : Tingkat kemiskinan, ketimpangan pendapatan, pertumbuhan ekonomi, investasi, dana perimbangan, dana desa, anggaran infrastruktur dan inflasi.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat kemiskinan, ketimpangan pendapatan, pertumbuhan ekonomi, investasi, dana perimbangan, dana desa, anggaran infrastruktur dan inflasi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 May 2023 00:52
Last Modified: 22 May 2023 00:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26466

Actions (login required)

View Item
View Item