Implikasi Knowledge Management,Orientasi Teknologi,Dan Orientasi Entrepreneurship Terhadap Kinerja Bisnis UKM Melalui Inovasi Di Kota Makassar = IMPLICATIONS OF KNOWLEDGE MANAGEMENT, TECHNOLOGY ORIENTATION, AND ENTREPRENEURSHIP ORIENTATION, ON SME BUSINESS PERFORMANCE THROUGH INNOVATION IN MAKASSAR CITY


Roswiyanti, Roswiyanti (2022) Implikasi Knowledge Management,Orientasi Teknologi,Dan Orientasi Entrepreneurship Terhadap Kinerja Bisnis UKM Melalui Inovasi Di Kota Makassar = IMPLICATIONS OF KNOWLEDGE MANAGEMENT, TECHNOLOGY ORIENTATION, AND ENTREPRENEURSHIP ORIENTATION, ON SME BUSINESS PERFORMANCE THROUGH INNOVATION IN MAKASSAR CITY. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A013191017_disertasi_09-01-2023 cover1.jpg

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A013191017_disertasi_09-01-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A013191017_disertasi_09-01-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A013191017_disertasi_09-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 May 2025.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

ROSWIYANTI Implikasi Knowledge Management,Orientasi Teknologi,dan dan Orientasi Entrepreneurship terhadap Kinerja Bisnis UKM melalui Inovasi di Kota Makassar (dibimbing oleh:Syamsu Alam,Muhammad Asdar,Nuraeni kadir).

Latar belakang penelitian ini banyaknya permasalahan internal dan external yang dihadapi UKM, umumnya berhubungan masalah pengelolaan yang menyebabkan penurunan kinerja dan dari data perkembangan UKM dikota Makassar mengalami penurunan mencapai -1,27% tahun 2020. Tujuan penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi manfaat dalam meningkatkan kinerja UKM di Kota Makassar. serta dapat meningkatkan pengetahuan, inovasi, literasi digital dalam hal ini penggunaan teknologi berdasarkan teori RBV barney dan KBV nonaka Jenis Penelitian Kuantitatif menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini seluruh UKM yang terdaftar di Dinas Koperasi UKM Kota Makassar Tahun 2017-2021 berjumlah 2764, sampel 200 orang diambil berdasarkan metode Probability sampling dan NonProbability sampling dengan teknik sample kuota dan random berstrata Sugiono 2017 Menggunakan kuesioner kemudian data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling Program Amos 25.0. Hasil temuan Knowledge Management berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap inovasi, orientasi teknologi berpengaruh positif signifikan terhadap inovasi, orientasi Entrepreneuship berpengaruh positif signifikan terhadap inovasi, Knowledge management terhadap kinerja bisnis berpengaruh positif dan signifikan, orientasi teknologi terhadap kinerja bisnis berpengaruh negatif dan tidak signifikan, orientasi Entrepreneuship berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja bisnis. inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis pengujian pengaruh tidak langsung melalui uji Sobel dimana Knowledge management melalui inovasi terhadap kinerja bisnis berpengaruh positif dan tidak signifikan, orientasi teknologi melalui inovasi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja bisnis, orientasi Entrepreneuship melalui inovasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja bisnis.

Kata Kunci:Knowledge Management,Orientasi Teknologi, Orientasi Entrepreneuship, Inovasi,Kinerja Bisnis UKM

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Knowledge Management,Orientasi Teknologi, Orientasi Entrepreneuship, Inovasi,Kinerja Bisnis UKM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 May 2023 00:50
Last Modified: 22 May 2023 00:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26462

Actions (login required)

View Item
View Item