PERSEPSI STAKEHOLDER TERHADAP LIMBAH NIKEL PT. CITRA LAMPIA MANDIRI KECAMATAN MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR = THE DYNAMICS OF STAKEHOLDER PERCEPTION ABOUTNICKEL WASTE OF PT. CITRA LAMPIA MANDIRI IN LUWU TIMUR REGION


Zaenal, Rahmat (2023) PERSEPSI STAKEHOLDER TERHADAP LIMBAH NIKEL PT. CITRA LAMPIA MANDIRI KECAMATAN MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR = THE DYNAMICS OF STAKEHOLDER PERCEPTION ABOUTNICKEL WASTE OF PT. CITRA LAMPIA MANDIRI IN LUWU TIMUR REGION. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P032201007_tesis_14-03-2023 cover1.jpg

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P032201007_tesis_14-03-2023 bab 1-2.pdf

Download (989kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P032201007_tesis_14-03-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P032201007_tesis_14-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 April 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

RAHMAT ZAENAL. Persepsi Stakeholder Terhadap Limbah Nikel PT Citra Lampia Mandiri Kec. Malili Kab Luwu Timur (dibimbing oleh Sitti Bulkis dan Tasrifin Tahara).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas pertambangan PT Citra Lampia Mandiri terhadap kualitas air sungai di Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur. (2) Dampak limbah yang di hasilkan PT Citra Lampia Mandiri terhadap kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. (3) Persepsi stakeholder terhadap limbah nikel PT Citra Lampia Mandiri Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada desa Pongkeru dan desa Harapan Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur, dengan didasarkan beberapa pertimbangan bahwa lokasi ini berada di sekitar wilayah pertambangan dan terkena dampak langsung dari aktivitas pertambangan PT Citra Lampia Mandiri Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Informan ditentukan secara purposive dengan pertimbangan keterwakilan seluruh informan. Data diperoleh dengan teknik observasi, interview, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik kualitatif interaktif antara koleksi data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat aktivitas pertambangan PT Citra Lampia Mandiri terhadap kualitas air sungai pongkeru di Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur dideskripsikan bahwa air sungai pongkeru berwarna keruh, analisis sampel air dari hasil laboratorium menunjukkan bahwa sampel air yang diambil dari sungai telah mengalami pencemaran sedang. 2) Dampak limbah yang di hasilkan PT Citra Lampia Mandiri terhadap kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur dideskripsikan bahwa dampak limbah memiliki banyak dampak pada masyarakat seperti terjadinya kerusakan lingkungan, menurunnya kesehatan masyarakat, menurunnya penghasilan masyarakat dan munculah disharmonisasi sosial sehingga tidak terpenuhinya kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat. 3) Persepsi stakeholder terhadap limbah nikel PT Citra Lampia Mandiri Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur dideskripsikan bahwa tercemarnya lingkungan seperti settling pond belum maksimal sehingga pada musim hujan air sungai tidak bisa digunakan oleh masyarakat dan masyarakat sangat mengkhawatirkan kalau pada musim hujan dapat mengakibatkan bencana, akses jalan yang digunakan masyarakat ke kebun digunakan juga oleh PT Citra Lampia Mandiri sebagai akses pengembangan.

Kata kunci: persepsi, stakeholder, limbah nikel

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: perception, stakeholders, nickel waste
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Pengelolaan Lingkungan Hidup
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 May 2023 00:56
Last Modified: 05 May 2023 00:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26384

Actions (login required)

View Item
View Item