KAJIAN PENDUDUK USIA KERJA DALAM MELAKUKAN MIGRASI RISEN MASUK DI KABUPATEN MINAHASA UTARA PROVINSI SULAWESI UTARA = STUDI OF THE POPULATION WORKING AGE IN CARRYING OUT INCOMING RESEARCH MIGRATION IN NORTH MINAHASA REGENCY NORTH SULAWESI PROVINCE


Bue, Deesye Loury (2023) KAJIAN PENDUDUK USIA KERJA DALAM MELAKUKAN MIGRASI RISEN MASUK DI KABUPATEN MINAHASA UTARA PROVINSI SULAWESI UTARA = STUDI OF THE POPULATION WORKING AGE IN CARRYING OUT INCOMING RESEARCH MIGRATION IN NORTH MINAHASA REGENCY NORTH SULAWESI PROVINCE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022211015_tesis_16-03-2023 cover1.jpg

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P022211015_tesis_16-03-2023 bab 1-2.pdf

Download (879kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P022211015_tesis_16-03-2023 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P022211015_tesis_16-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 April 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penduduk mempunyai peran penting dalam pembangunan suatu wilayah. Penduduk yang pertambahannya semakin besar akan menimbulkan permasalahan bagi pembangunan. Badan Pusat Statistik menerangkan di Indonesia tiap wilayahnya melakukan perpindahan penduduk, aktivitas perpindahan ini merupakan bagian dari proses pembangunan tiap wilayah. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap tingkat pertambahan penduduk adalah migrasi. Jumlah migrasi risen masuk di Kabupaten Minahasa Utara adalah yang tertinggi ke tiga jika dibandingkan Kabupaten/Kota lain. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis karakteristik penduduk usia kerja dan faktor yang berhubungan dengan keputusan melakukan migrasi risen di Kabupaten Minahasa Utara. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan mengunakan metode observasi dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah sampel 1569 dimana ini merupakan jumlah penduduk berstatus migrasi risen di Kabupaten Minahasa Utara. Untuk mendukung hasil analisi data, dilakukan wawancara terhadap 50 responden. Data yang digunakan merupakan raw data sekunder Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Maret 2021. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan uji statistic chi-square untuk menguji hubungan. Analisis multivariate dengan regresi logistic untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan. Adapun dalam pengolahan data penelitian ini menggunakan bantuan program Statistical Package for the Sosial Science (SPSS) versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan variabel yang mempunyai hubungan signifikasi yaitu umur, pendidikan, status kawin dan asal migran yang tidak mempunyai hubungan signifikasi jenis kelamin, status pekerjaan, jenis pekerjaan dan lapangan pekerjaan. Uji regresi logistik, variabel umur adalah yang paling berhubungan dalam keputusan melakukan migrasi risen.

Kata kunci: Migrasi Risen, Penduduk, Minahasa Utara, Usia Kerja

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Risen Migration, Population, Nort Minahasa, Working Age
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 May 2023 00:55
Last Modified: 05 May 2023 00:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26383

Actions (login required)

View Item
View Item