PENGARUH LINGKUNGAN KERJA NON FISIK KOMUNIKASI DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN ENREKANG = The Effect of Non-Physical Work Environment, Communication and Transformational Leadership on Increasing Employee Performance at the Regional Secretariat of Enrekang Regency


Mahardikasari, Siti Farisya (2023) PENGARUH LINGKUNGAN KERJA NON FISIK KOMUNIKASI DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN ENREKANG = The Effect of Non-Physical Work Environment, Communication and Transformational Leadership on Increasing Employee Performance at the Regional Secretariat of Enrekang Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022201021_tesis_14-03-2023 cover1.jpg

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P022201021_tesis_14-03-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P022201021_tesis_14-03-2023 dp.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P022201021_tesis_14-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 April 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

SITI FARISYA MAHARDIKASARI Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik, Komunikasi dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Enrekang (dibimbing oleh Idayanti Nursyamsi dan Erlina Pakki).

Peningkatan kinerja pegawai adalah sebuah tuntutan kerja pegawai yang profesional dalam rangka mencapai tujuan dan visi misi organisasi di Sekretariat Daerah Kabupaten Enrekang. Oleh karena itu faktor lingkungan kerja non fisik, komunikasi dan kepemimpinan transformasional sedapat mungkin dapat menjadi perhatian dan perbaikan agar kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah lebih meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Lingkungan Kerja, Komunikasi Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Enrekang. pendekatan metode kuantitatif yaitu suatu penelitian yang pada dasarnya menggunakan pendekatan deduktif-induktif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner ke 77 responden. Teknis data menggunakan Analisis Regresi Berganda (Multiple Regression Analysis) dengan yang dilakukan untuk melihat pengaruh variabel independen (X) yang ditujukan oleh lingkungan kerja non fisik (X1), komunikasi (X2) dan Kepemimpinan transformasional (X3) terhadap variabel (Y) yang ditunjukkan oleh kinerja pegawai. Teknik pengelolahan data menggunakan perhitungan komputerisasi Software SPSS (Statistical Program for Social Science). Hasil penelitian menandakan bahwa Lingkungan Kerja Non Fisik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai. Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai. Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja pegawai.

Keywords : Lingkungan Kerja Non Fisik; Komunikasi; Peningkatan Kinerja; SPSS.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Non-Physical Work Environment; Communication; Performance Improvement; SPSS.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 May 2023 00:53
Last Modified: 05 May 2023 00:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26378

Actions (login required)

View Item
View Item