DEPRESI PADA TOKOH DANNY DALAM TORTILLA FLAT KARYA JOHN STEINBECK: SEBUAH STUDI PSIKOANALISIS = DEPRESSION OF DANNY'S CHARACTER IN JOHN STEINBECK'S TORTILLA FLAT: A PSYCHOANALYSIS STUDY


Novita, Siti Dwi (2023) DEPRESI PADA TOKOH DANNY DALAM TORTILLA FLAT KARYA JOHN STEINBECK: SEBUAH STUDI PSIKOANALISIS = DEPRESSION OF DANNY'S CHARACTER IN JOHN STEINBECK'S TORTILLA FLAT: A PSYCHOANALYSIS STUDY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041191022_skripsi_09-03-2023 cover1.jpg

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041191022_skripsi_09-03-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041191022_skripsi_09-03-2023 daftar pustaka.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041191022_skripsi_09-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 April 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti gejala-gejala dari gangguan mental atau depresi yang dialami oleh salah satu tokoh dalam novel Tortilla Flat, Danny. Tujuan lainnya yaitu untuk mengetahui penyebab dari munculnya gejala depresi yang dialami oleh Danny.
Data penelitian dikumpulkan dari studi pustaka yaitu pada novel Tortilla Flat karya John Steinbeck. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menjelaskan permasalahan yang terjadi dalam penelitian. Selain itu, teori yang digunakan untuk meneliti objek adalah teori strukturalisme. Fokus penelitian ini adalah pada alur, latar dan tokoh-tokoh dalam novel. Penulis juga menjelaskan mengenai pendekatan Psikoanalisis oleh Sigmund Freud, didukung pula konsep mengenai Depresi oleh Debjit Bhowmik, K.P. Sampath Kumar, Shweta Srivastava, Shravan Paswan, dan Amit Sankar Dutta.
Kesimpulan yang didapatkan dari hasil peneleitian penulis adalah novel ini menitik beratkan pada kehidupan para pemuda paisanos yang hidup dilingkungan Monterey. Selain itu, novel berfokus pada perubahan sikap yang dialami tokoh utama, Danny. Setelah mengolah data yang telah dikumpulkan dan teori serta pendekatan yang mendukung, maka penulis menyimpulkan bahwa Danny menderita gangguan stress berupa depresi yang disebabkan oleh masalah yang dia hadapai setelah menerima warisan rumah. Gejala yang sangat jelas terlihat sepanjang cerita adalah Danny yang kerap merasakan kesendirian dan kehampaan, tidak tertarik melakukan rutinitas, lambat dalam berpikir dan berbicara. Selain itu, penulis juga mengidentifikasi beberapa faktor yang menyebabkan munculnya gejala depresi Danny, seperti meningkatnya tekanan hidup dan penggunaan alkohol.

Kata Kunci: Depresi, Karakter, Strukturalisme, Psikoanalisis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Depresi, Karakter, Strukturalisme, Psikoanalisis
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 May 2023 02:42
Last Modified: 02 May 2023 02:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26349

Actions (login required)

View Item
View Item