PERAN KUWAIT DALAM UPAYA PENYELESAIAN KONFLIK DIPLOMATIK ANTARA QATAR DENGAN NEGARA- NEGARA TELUK PERSIA = THE ROLE OF KUWAIT IN EFFORTS TO RESOLVE THE DIPLOMATIC CONFLICT BETWEEN QATAR AND THE PERSIAN GULF COUNTRIES


Maulida, Ayu (2022) PERAN KUWAIT DALAM UPAYA PENYELESAIAN KONFLIK DIPLOMATIK ANTARA QATAR DENGAN NEGARA- NEGARA TELUK PERSIA = THE ROLE OF KUWAIT IN EFFORTS TO RESOLVE THE DIPLOMATIC CONFLICT BETWEEN QATAR AND THE PERSIAN GULF COUNTRIES. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061181031_skripsi_03-01-2023 cover1.jpg

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181031_skripsi_03-01-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181031_skripsi_03-01-2023 daftar pustaka.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181031_skripsi_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

AYU MAULIDA (E061181031). “Peran Kuwait Dalam Upaya Penyelesaian Konflik Diplomatik Antara Qatar Dengan Negara-Negara Teluk Persia”. Di bawah bimbingan Bapak Drs. Patrice Lumumba, M.A, Selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Drs. Munjin Syafik Asy’ari, M Si, Selaku Dosen Pembimbing II, pada departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar peran Kuwait dalam upaya penyelesaian konflik diplomatik antara Qatar dengan negara- negara Teluk Persia. Dalam menjawab penelitian tersebut, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui studi literatur dengan cara mengumpulkan data- data dari berbagai sumber literatur seperti artikel berita, artikel ilmiah, jurnal, buku- buku, dan sumber informasi yang relevan dengan penelitian dan kredibel lainnya. Setelah data tersebut diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Kuwait dalam upaya penyelesaian konflik diplomatik antara Qatar dengan negara- negara Teluk Persia adalah Kuwait sebagai mediator dalam menyelesaikan konflik tersebut. Adapun metode yang digunakan Kuwait dalam menyelesaikan konflik yaitu metode Resolusi Konflik. Bentuk Resolusi Konflik yang digunakan oleh Kuwait adalah Shuttle Diplomacy (Diplomasi Ulang Alik) dan Mediasi menggunakan kerangka Gulf Cooperation Council (GCC). Melalui metode Shuttle Diplomacy yang dilakukan oleh Kuwait dapat menghentikan terjadinya eskalasi konflik. Selain itu, metode Mediasi menggunakan kerangka Gulf Cooperation Council (GCC) yang dilakukan oleh Kuwait, dapat menyelesaikan konflik diplomatik yang terjadi antara Qatar dengan negara- negara Teluk Persia.

Keywords : Konflik Diplomatik, Resolusi Konflik, Mediator, Shuttle Diplomacy, Mediasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diplomatic Conflict, Conflict Resolution, Mediator, Shuttle Diplomacy, Mediation
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Apr 2023 07:50
Last Modified: 27 Apr 2023 07:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26340

Actions (login required)

View Item
View Item