PENERAPAN UNDANG-UNDANG KEAMANAN HONG KONG DAN DAMPAKNYA TERHADAP HUBUNGAN RRT-AMERIKA SERIKAT = THE APPLICATION OF THE HONG KONG NATIONAL SECURITY LAW AND ITS IMPACT ON PRC-UNITED STATE RELATIONS


Janary, Syahrin (2022) PENERAPAN UNDANG-UNDANG KEAMANAN HONG KONG DAN DAMPAKNYA TERHADAP HUBUNGAN RRT-AMERIKA SERIKAT = THE APPLICATION OF THE HONG KONG NATIONAL SECURITY LAW AND ITS IMPACT ON PRC-UNITED STATE RELATIONS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061181013_skripsi_03-01-2023 cover1.jpg

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181013_skripsi_03-01-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181013_skripsi_03-01-2023 daftar pustaka.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181013_skripsi_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Syahrin Janary. E061181013. “Penerapan Undang-Undang Keamanan Hong Kong dan Dampaknya terhadap hubungan RRT-Amerika Serikat.” Pembimbing I : Drs. Patrice Lumumba, MA. Pembimbing II : Drs. Munjin Syafik Asy’ari, M.Si. Departemen Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang penerapan Undang-Undang Keamanan Hong Kong dan mengetahui dampaknya terhadap hubungan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Amerika Serikat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif melalui studi literatur dengan mengumpulkan data-data dari berbagai literatur dan sumber informasi yang kredibel dan dapat dipercaya, seperti buku-buku, jurnal, artikel ilmiah, artikel berita, dan sumber informasi kredibel lainnya. Data-data yang telah diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan penerapan Undang-Undang Keamanan Hong Kong adalah untuk “menutup celah” Hong Kong menjadi surga bagi para buronan dan melindungi keamanan nasionalnya sebagai satu negara “one country”, yang menekankan bahwa Hong Kong merupakan bagian dari RRT. Adapun dampak yang ditimbulkan dari penerapan Undang-Undang Keamanan Hong Kong terhadap hubungan RRT dan Amerika Serikat, berujung konflik dengan mengecam tindakan satu sama lain. RRT mengecam tindakan campur tangan Amerika Serikat yang dianggap mengganggu kedaulatan negaranya sedangkan Amerika Serikat mengecam tindakan sewenang-wenang yang dilakukan oleh RRT yang merusak otonomi dan hak-hak masyarakat Hong Kong. Ditambah dengan sanksi-sanksi yang dilemparkan pihak yang satu ke pihak lainnya turut membuat hubungan bilateral kedua negara adidaya tersebut menjadi semakin memanas.

Keywords : Undang-Undang Keamanan Hong Kong, RRT, Amerika Serikat, Keamanan Nasional, Konflik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hong Kong Natinoal Security Law, PRC, United States of America, National Security, Conflict.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Apr 2023 07:49
Last Modified: 27 Apr 2023 07:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26335

Actions (login required)

View Item
View Item