Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemanfaatan Ruang Kawasan Strategis Di Kabupaten Barru = The Role of Local Government in the Utilization of Strategic Area Space in Barru Regency


Rahayu M, Sri Umi (2022) Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemanfaatan Ruang Kawasan Strategis Di Kabupaten Barru = The Role of Local Government in the Utilization of Strategic Area Space in Barru Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051191039_skripsi_03-01-2023 cover1.jpg

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051191039_skripsi_03-01-2023 bab 1-2.pdf

Download (615kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051191039_skripsi_03-01-2023 daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051191039_skripsi_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

SRI UMI RAHAYU.M , Nomor Induk Mahasiswa E051191039. Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Skripsi yang berjudul “Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemanfaatan Ruang Kawasan Strategis Kabupaten Barru”. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Nurlinah, M.Si sebagai pembimbing utama dan Bapak Rahmatullah, S.IP, M.Si sebagai pembimbing pendamping.
Kawasan Strategis Kabupaten Barru Merupakan Kawasan yang memiliki potensi dalam peningkatan ekonomi masyrakat, kata emas yang terdapat dalam kawasan strategis emas merupakan singkatan dari Kelurahan Mangempang,Desa madello, Kelurahan Sepe’e dan Desa Siawung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pemerintah dalam penegndalian dan pengawasan khususnya pemanfatan ruang kawasan strategis yang sesuai dengan ketentuan zonasi berrdasarkan peraturan daerah, dengan menggunakan metode penelitian dan tipe penelitian deskriptif kualitatif agar diketahui keberadaan yang sebenarnya, dengan tujuan mendapatkan hasil dan kesimpulan akhir yang sesuai degan peran pemerintah daerah dalam pengendalian dan pengawasan yang selama ini berjalan atau tidaknya
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pemerintah daerah yang berkaita dengan tugas dan fungsi Instasi yang berhubungan dengan pengendalian dan pengawasan pemanfatan ruang kawasan strategis emas masih kurang dalam menindak lanjuti penyimpangan yang terjadi Khususnya PT. Conch Cement Indonesia dan PT. Cement Bosowa Kecamatan Barru . dalam pengawasan monitoring merupakan salah satu indikator penilaian berjalanya pengawasan tersebut atau tidaknya akn tetapi pemerintah daerah tidak melakukan monitoring secara langsung sehingga berpegaruh pada peran pemerintah daerah dalam pengendalian khususnya dalam pemberian sanksi. Dapat disimpulkan bahwa peran pemerintah daerah dalam pengawasan dan pengendalian pemanfaatn ruang belum optimal.

Kata Kunci : Kawasan Strategis. Peran, Pemerintah Daerah, Pengendalian, Pengawasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategic Area. Role, Local Government, Control, Supervision
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Apr 2023 00:43
Last Modified: 27 Apr 2023 00:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26324

Actions (login required)

View Item
View Item