ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PERHOTELAN DI MAKASSAR (STUDI KASUS DI GRAND CLARION HOTEL & CONVENTION)


DWI FITRIANA DEWI, DWI FITRIANA DEWI (2014) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PERHOTELAN DI MAKASSAR (STUDI KASUS DI GRAND CLARION HOTEL & CONVENTION). Skripsi thesis, Uniniversitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
--dwifitrian-5435-1-14-dwi-i.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian pada Grand Clarion Hotel & Convention Makassar. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Grand Clarion Hotel &
Convention Makassar. Penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis SWOT
yaitu dengan mengidentifikasi berbagai faktor internal dan eksternal perusahaan
yaitu analisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) serta faktor eksternal
(peluang dan ancaman) yang kemudian dirumuskan pada Diagram Cartesius,
Matrik Internal Eksternal dan Matrik Swot.
Dari hasil analisis pada Diagram Cartesius nampak bahwa posisi Grand
Clarion & Convention Makassar terletak pada sel I yang menunjukkan bahwa
Grand Clarion Hotel & Convention menghadapi beberapa peluang dan
mempunyai berbagai kekuatan yang mendorong untuk mendapatkan peluang�peluang tersebut. Dan posisi Grand Clarion Hotel & Convention pada matrik
Internal Eksternal juga berada pada sel I yaitu pada posisi tumbuh dan
kembangkan atau berada integrasi vertikal yang merupakan posisi kompetitif
pasar yang sangat kuat dalam bisnis perhotelan yang berdaya saing tinggi.
Pada Matrik SWOT Terdapat empat alternatif strategi yang dapat
diterapkan Grand Clarion Hotel & Convention Makassar. Pada Strategi SO, dapat
memanfaatkan seluruh kekuatan hotel yaitu memiliki fasilitas terlengkap di
Makassar dan reputasi pelayanan terbaik melalui perkembangan teknologi yang
semakin canggih dapat mempermudah kegiatan promosi sehingga banyak
peluang untuk menjaring konsumen baru, pada Strategi WO dapat melakukan
kerjasama dengan biro perjalanan bukan hanya dalam negeri tapi juga biro
perjalanan luar negeri dan menyediakan paket-paket perjalanan untuk
mengenalkan kota makassar kepada wisatawan, Strategi ST dapat mengatasi
ancaman dari jenis produk hotel yang mudah ditiru maka Grand Clarion Hotel &
Convention Makassar harus terus menerus melakukan inovasi terhadap produk
dan pelayanannya yang berbeda dari para pesaing, dan pada Strategi WT dapat
memanfaatkan situs web agar selalu update tentang segala informasi baik itu
mengenai promo yang akan dikeluarkan atau event yang akan diselenggarakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, analisis SWOT, matrik SWOT, alternatif strateg
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 17 Apr 2023 00:55
Last Modified: 17 Apr 2023 00:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26278

Actions (login required)

View Item
View Item