PATOLOGI BIROKRASI PEMERINTAHAN DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BONE = GOVERNMENT BUREAUCRATIC PATHOLOGY IN POPULATION ADMINISTRATIVE SERVICES AT THE SERVICE OF POPULATION AND CIVIL REGISTRATION IN BONE REGENCY


Purnamah, Indah (2022) PATOLOGI BIROKRASI PEMERINTAHAN DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BONE = GOVERNMENT BUREAUCRATIC PATHOLOGY IN POPULATION ADMINISTRATIVE SERVICES AT THE SERVICE OF POPULATION AND CIVIL REGISTRATION IN BONE REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051191029_skripsi_17-01-2023 cover1.png

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051191029_skripsi_17-01-2023 1-2.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051191029_skripsi_17-01-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051191029_skripsi_17-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 April 2025.

Download (15MB)

Abstract (Abstrak)

Indah Purnamah, Nomor Induk Mahasiswa E051191029 Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin menyusun skripsi dengan judul "Patologi Birokrasi Pemerintahan dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone" dibawa bimbingan Ibu Dr. Indar Arifin, M. Si. selaku pembimbing I dan Bapak Dr. H. Suhardiman Syamsu, S. Sos., M. Si. selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk patologi birokrasi yang terjadi dalam pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Lokasi penelitian bertempat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan patologi birokrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone dalam bentuk disfungsi dalam birokrasi dan maladministrasi. Disfungsi birokrasi dalam pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) seperti koordinasi yang bermasalah yang dipengaruhi oleh ketidaksesuaian antara otoritas jabatan dengan keahlian atasan yang berakibat pada rendahnya kualitas kerja pegawai dalam melayani masyarakat, aturan yang cenderung kaku, serta prosedur pelayanan yang berbelit-belit. Kemudian maladministrasi yang ditemukan dalam pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) seperti pungutan liar, sikap pegawai yang tidak responsif, sikap pegawai yang sewenang-wenang dalam pelayanan dan terjadi miskomunikasi.

Keywords : Patologi Birokrasi, Administrasi Kependudukan, Kartu Tanda Penduduk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Patologi Birokrasi, Administrasi Kependudukan, Kartu Tanda Penduduk.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Apr 2023 00:29
Last Modified: 13 Apr 2023 00:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26270

Actions (login required)

View Item
View Item