PROSPEK PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KOMODITAS KAKAO BERDASARKAN ANALISIS KETERSEDIAAN BAHAN BAKU Dl SULAWESI SELATAN


karma, karma (2004) PROSPEK PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KOMODITAS KAKAO BERDASARKAN ANALISIS KETERSEDIAAN BAHAN BAKU Dl SULAWESI SELATAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of KARMA (P1000202002) 1.pdf] Text
KARMA (P1000202002) 1.pdf

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Studi ini bertujuan untuk mengetahui prospek pengembangan agroindustri komoditas kakao berdasarkan analisis ketersediaan bahan baku di Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus pada PT. Effem Indonesia dan PT. Poleko Kakao Industri. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara dan dokumentasi. sedangkan metode analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengembangan agroindustri komoditas kakao di Sulawesi Selatan memiliki prospek yang cerah, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.
Hal ini beradasarkan hasil analisis yang menunjukkan bahwa produksi kakao di Sulawesi Selatan cendrung mengalami peningkatan yang cukup
besar setiap tahun yang merupakan sumber pasokan bahan baku bagi
perusahaan agroindustri kakao. Dari sisi lain, permintaan hasil agroindustri
kakao juga cenderung meningkat dan merupakan potensi bagi
pengembangan agroindustri kakao di Sulawesi Selatan. Namun demikian, terdapat kesenjangan permintaan dan penawaran bahan baku kakao jika dilihat dari pola permintaan dan penawaran bulanan. Oleh karena itu, bagi perusahaan agro industry perlu menyimpan persediaan dengan melakukan pembelian pada bulan-bulan terjadinya kelebihan penawaran untuk digunakan pada bulan-bulan terjadinya kelebihan permintaan. Dengan demikian, ketersediaan bahan baku bagi untuk menjamin kelancaran proses produksi dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 13 Apr 2023 00:29
Last Modified: 13 Apr 2023 00:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26266

Actions (login required)

View Item
View Item