PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMERATAAN PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN PINRANG = THE ROLE OF LOCAL GOVERNMENT IN EQUIVALENT BASIC EDUCATION IN PINRANG DISTRICT


Hamzah, Imam Kartiwan (2022) PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMERATAAN PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN PINRANG = THE ROLE OF LOCAL GOVERNMENT IN EQUIVALENT BASIC EDUCATION IN PINRANG DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051181021_skripsi_03-01-2023 cover1.png

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051181021_skripsi_03-01-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051181021_skripsi_03-01-2023 dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051181021_skripsi_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 April 2025.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

IMAM KARTIWAN HAMZAH, Nomor pokok E051181021 Program Studi Ilmu Pemerintahan, Departemen Ilmu Pemerintahan, FakultasIlmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin Menyusun skripsi dengan judul “Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemerataan Pendidikan Dasar di Kabupaten Pinrang” dibawah bimbingan Dr. H. A. M. Rusli, M.Si. dan Dr. H. Suhardiman Syamsu, S.Sos M.Si .
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah dalam pemerataan pendidikan dasar di kabupaten pinrang . penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dalam hal ini pemerataan pendidikan dasar di kabupaten pinrang. subjek penelitian ini adalah kepala dinas pendidikan kabupaten pinrang, kepala bidang pendidikan dasar dinas pendidikan dan kebudayaan, serta beberapa kepala sekolah yang ada di kabupaten pinrang. teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi pustaka. adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi serta studi pustaka, kemudian data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
penelitian ini menghasilkan beberapa luaran, yang pertama yaitu tentang bagaimana pelaksanaan pendidikan dasar di kabupaten pinrang, yang dimana diketahui masih banyaknya kesenjangan yang terjadi antara sekolah di perkotaan dengan yang ada di pelosok desa. yang kedua, yaitu apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pemerataan pendidikan di kabupaten pinrang, seperti masih sulitnya akses pemerintah daerah dalam menjangkau sekolahan yang ada di pelosok desa, serta masih banyaknya sekolah yang kurang dalam mendapatkan media belajar dan sarana prasarana pendukung pendidikan. kemudian bagaimana program pemerintah daerah dalam meningkatkan pendidikan dasar di kabupaten pinrang, seperti program peningkatan kesejahteraan guru yang masih kurang dalam mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. juga ada program penjaminan layanan pendidikan dasar (usia 7-15 tahun) agar seluruh masyarakat tanpa terkecuali mendapatkan jaminan untuk mendapatkan layanan pendidikan dasar. dan juga tentang program sistem zonasi yang bertujuan agar tidak ada lagi kesenjangan antara sekolah yang ada di pelosok desa dan perkotaan.

Keywords : pendidikan dasar, pemerataan, peran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: basic education, equity, role
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Apr 2023 01:20
Last Modified: 06 Apr 2023 01:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26256

Actions (login required)

View Item
View Item