"Tukang Becak" (Studi kehidupan tukang becak di kecamatan sinjai utara, kabupaten sinjai) = “Pedicab Driver” (Study of the Life of a Pedicab Driver in North Sinjai District, Sinjai Regency)


Fauzan, A. Izal (2022) "Tukang Becak" (Studi kehidupan tukang becak di kecamatan sinjai utara, kabupaten sinjai) = “Pedicab Driver” (Study of the Life of a Pedicab Driver in North Sinjai District, Sinjai Regency). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E042191003_tesis_03-01-2023 cover1.png

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E042191003_tesis_03-01-2023 1-2.pdf

Download (803kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E042191003_tesis_03-01-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E042191003_tesis_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 March 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

A. IZAL FAUZAN, 2022. “Tukang Becak Di Sinjai (Studi Kehidupan Tukang Becak Di Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai)” dibawah bimbingan Prof. Dr. Mahmud Tang, MA dan Prof. Dr. Supriadi Hamdat, MA. Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengetahui bahwa benar adanya perkumpulan tukang becak di Kecamatan Sinjai Utara : keberadaan perkumpulan ini karena keterpanggilan antar sesama perantau karena mereka sadar bahwa profesi mereka sama dan juga dikarenakan mereka bersuku makassar jadi otomatis keterpanggilan itu ada dan bersepakat tinggal pada pemukiman ini, di awali dari sekitaran tahun 80-an mereka membentuk suatu pemukiman yang lebih di kenal sebagai pemukiman tukang becak di Kecamatan Sinjai Utara. (2) Mengetahui bahwa kondisi kehidupan sosial ekonomi yang ditimbulkan selama keberadaan mereka ditanah rantauan yaitu dipemukiman Kompleks Bulo Bulo Timur : kondisi sosial ekonomi di pemukiman ini terbilang garis ekonomi rendah dikarenakan hasil pendapatan yang tidak menentu dan juga bantuan sosial dari pemerintah yang tidak jelas sehingga mengakibatkan ekonomi mereka rendah karena pendapatan ekonomi rendah otomatis berdampak juga pada pendidikannya, mayoritas dari warga hanya menempuh pendidikan paling tinggi sekolah menengah pertama (3) Strategi cara bertahan hidup pemukiman tukang becak di Kelurahan Bongki : waktu awal keberadaan mereka di pemukiman ini mereka menggunakan becak sebagai alat transportasi umum dengan mencari penghasilan untuk bertahan hidup seiring dengan perkembangan zaman penggunaan becak berkurang dikarenakan maraknya transportasi yang lebih modern lainnya tak sedikit pula yang beralih ke profesi lain seperti, kuli bangunan, jualan barang campuran, pemulung barang-barang bekas untuk itu demi menunjang keberlangsung hidup mereka di tempat ini dan salah satu cara bertahan hidupnya dengan cara seperti ini (4) Mengetahui Bahwa Kepedulian Masyarakat serta Pemerintah Kabupaten sinjai dalam mengatasi masalah yang ada dalam masyarakat perkumpulan tukang becak : kompleksnya masalah yang terjadi dalam tubuh perkumpulan tukang becak ini tentu membutuhkan perhatian serius baik dari masyarakat sekitar dan tentunya perhatian dari pemerintah kabupaten Sinjai.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dangan tipe deskriptif, yaitu salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku orang-orang yang diamati hingga dihasilkan temuan penelitian secara ilmiah. Maka dalam penelitian ini penulis berinteraksi langsung dengan masyarakat yang tinggal dipemukiman perkumpulan tukang becak di Kecamatan Sinjai Utara. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan penelitian lapangan yang mencangkup observasi, dokumentasi dan wawancara dengan melibatkan 19 orang. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.

Keywords : Tukang becak,kehidupan,permukiman

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tukang becak, kehidupan, permukiman
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:02
Last Modified: 10 Apr 2023 01:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26230

Actions (login required)

View Item
View Item