PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH BANK SYARIAH (STUDI KASUS NASABAH PADA BANK MUAMALAT CABANG MAKASSAR)


GAFFAR, ACHMAD ALMUHRAM (2014) PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH BANK SYARIAH (STUDI KASUS NASABAH PADA BANK MUAMALAT CABANG MAKASSAR). Skripsi thesis, Uniniversitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
--achmadalmu-5438-1-14-achma-8.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh pengetahuan
konsumen (pengetahuan produk (X1), pengetahuan pembelian (X2), pengetahuan
pemakaian (X3)) terhadap keputusan nasabah dalam memilih Bank Syariah
(Studi Kasus Bank Muamalat Cabang Makassar) serta untuk mengetahui dan
menganalisis variabel dari pengetahuan konsumen yang paling berpengaruh
terhadap keputusan nasabah dalam memilih Bank Syariah.
Penelitian ini dilaksanakan pada Bank Muamalat Cabang Makassar,
dengan sampel sebanyak 98 orang diambil secara purposive sampling. Analisis
data yang digunakan adalah secara deskriptif untuk menjelaskan data penelitian
dan deskripsi penelitian, sedangkan untuk menganalisis data kuantitatif
menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dari hasil analisis
regresi nampak bahwa pengetahuan konsumen yang terdiri dari pengetahuan
produk (X1), pengetahuan pembelian (X2), pengetahuan pemakaian (X3)
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam
memilih Bank Syariah di Makassar. Hasil pengujian pengukuran pengetahuan
konsumen menunjukkan bahwa variabel yang paling domiman memengaruhi
keputusan konsumen dalam memilih Bank Syariah di Makassar adalah
pengetahuan pembelian (X2), hal ini dikarenakan untuk variabel pengetahuan
pembelian mempunyai nilai koefisien regresi terbesar serta memiliki nilai
signifikan yang terkecil dari variabel pengetahuan produk dan pengetahuan
pemakaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan produk, pengetahuan pembelian, dan pengetahuan pemakaian, keputusan nasabah.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 10 Apr 2023 00:54
Last Modified: 10 Apr 2023 00:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26221

Actions (login required)

View Item
View Item