Penguatan Organisasi Sayap Partai Pada Insan Muda Demokrat (IMDI) = Strengthening of Wing Party on Insan Muda Demokrat Indonesia (IMDI)


Nasir, Ria Magfirah (2023) Penguatan Organisasi Sayap Partai Pada Insan Muda Demokrat (IMDI) = Strengthening of Wing Party on Insan Muda Demokrat Indonesia (IMDI). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041191011_skripsi_06-02-2023 cover1.png

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041191011_skripsi_06-02-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041191011_skripsi_06-02-2023 dp.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041191011_skripsi_06-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 March 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Keberadaan Organisasi Sayap bagi partai politik sebagai penguatan adalah suatu hak yang legal sejak terbitnya UU Nomor 2 Tahun 2008 tentang partai politik. Keberadaannya diharapkan bukan sekedar pemenuhan hak undang-undang dan pelengkap struktural semata, melainkan kebutuhan nyata sebagai pendukung peran dan fungsi partai politik. Partai Demokrat turut membentuk organisasi sayap partai dalam rangka penguatan mesin politiknya terutama terhadap perluasan basis massa. Namun Organisasi Sayap Partai Demokrat kurang berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan partai terhadap kader politik terlebih jika melihat sedikitnya kader sayap partai yang duduk dijabatan politik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran dan Fungsi Sayap Partai Demokrat Kota Makassar dalam menjalankan kontribusi dan upaya perluasan basis massa serta mengetahui efektifitas keberadaan Organisasi Sayap Partai Demokrat terhadap perluasan basis massa partai Demokrat Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan Sayap Partai Demokrat mempunyai peran dan fungsi sebagai penguatan komunikasi politik, penguatan rekrutmen politik, dan penguatan pendidikan politik. Akan tetapi pelaksanaan peran dan fungsi tersebut masih bersifat parsial, tidak intensif dan sistematis. Sehingga keberadaan Organisasi Sayap Partai Demokrat belum efektif terhadap kontribusi dan upayanya di Partai Demokrat Makassar. Diharapkan Partai Demokrat Kota Makassar hendaknya serius mempersiapkan organisasi sayap sebagai sarana kaderisasi politik kader partai dengan mempersiapkan kurikulum kaderisasi politik yang jelas dan sistematis, sehingga tercapainya efektivitas kaderisasi politik Sayap Partai Demokrat Kota Makassar yang optimal.

Keywords : Organisasi Sayap Partai, Perluasan Basis, Penguatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Party Wing Organization, Mass base expansion, Strengthening
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Apr 2023 00:50
Last Modified: 10 Apr 2023 00:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26201

Actions (login required)

View Item
View Item