PEREMPUAN PEKERJA TUNGGAL DALAM MENCAPAI KETAHANAN KELUARGA DI KELURAHAN KLAMANA DISTRIK SORONG TIMUR KOTA SORONG = WOMAN AS A SINGLE WORKER IN ORDER TO ACHIEVE FAMILY RESILIENCE IN KLAMANA VILLAGE EAST SORONG DISTRICT SORONG CITY


Ramli, Umar (2022) PEREMPUAN PEKERJA TUNGGAL DALAM MENCAPAI KETAHANAN KELUARGA DI KELURAHAN KLAMANA DISTRIK SORONG TIMUR KOTA SORONG = WOMAN AS A SINGLE WORKER IN ORDER TO ACHIEVE FAMILY RESILIENCE IN KLAMANA VILLAGE EAST SORONG DISTRICT SORONG CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E032192005_tesis_03-01-2023 COVER1.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E032192005_tesis_03-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (824kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E032192005_tesis_03-01-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E032192005_tesis_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 March 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

UMAR RAMLI. Perempuan Pekerja Tunggal dalam mencapai Ketahanan Keluarga di Kelurahan Klamana Distrik Sorong Timur Kota Sorong (dibimbing oleh : Hasbi dan M. Ramli AT).

Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) peran perempuan dalam sebagai ibu rumah tangga dan pekerja tunggal (2) sinergitas antara anggota keluarga dalam mencapai ketahanan keluarga pada aspek budaya (3) peran pemerintah dalam memberi perhatian kepada perempuan sebagai pekerja tunggal. Penelitian dilakukan di Kelurahan Klamana Distrik Sorong Timur Kota Sorong. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumen dan studi kepustakaan. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan informan berjumlah 8 (delapan) orang yang terdiri perempuan yang bekerja sebagai pekerja tunggal, tokoh perempuan dan pegawai pemerintah.
Hasil penelitian menunjukkan peran perempuan sebagai ibu rumah tangga adalah bekerja memelihara keluarganya, memberikan perhatian kepada anak dan suaminya, baik dalam pendidikan dan mengelolah kebutuhan hidupnya serta perkembangan dan pembentukan pribadi anak sementara peran perempuan sebagai pekerja tunggal untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Tindakan sosial yang mereka lakukan dalam perannya sebagai pekerja tunggal adalah tindakan rasionalitas instrumental dan rasional nilai. Sinergitas dalam mencapai ketahanan keluarga terbentuk pada pilihan rasional untuk bekerja sama dengan dukungan sosial satu sama lain yang aspek budayanya pada pemanfaatan kekayaan alam dan kearifan lokal yang dijadikan sebagai sumber ketahanan ekonomi. Pada peran pemerintah dalam memberikan perhatian kepada pekerja tunggal perempuan belum terlihat dimana bantuan yang selama ini diberikan hanya melihat aspek kemiskinan atau dari keluarga yang tidak mampu.

Keywords : Peran Perempuan, Pekerja Tunggal, Tindakan Sosial dan Ketahanan Keluarga

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: The Role of Women, Sole Workers, Social Action and Family Resilience
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Apr 2023 01:26
Last Modified: 06 Apr 2023 01:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26161

Actions (login required)

View Item
View Item