PRAKSIS SOSIAL PELAKU PROSTITUSI ONLINE (Studi Kasus, Habitus dan Arena Pelaku Prostitusi Online di Kota Makassar) = ONLINE PROSTITUTION PERPETRATORS' SOCIAL PRACTICES (Case Study, Habitus and Arena of Online Prostitution Perpetrators in makassar city)


Utina, Muhammad Rifadly (2022) PRAKSIS SOSIAL PELAKU PROSTITUSI ONLINE (Studi Kasus, Habitus dan Arena Pelaku Prostitusi Online di Kota Makassar) = ONLINE PROSTITUTION PERPETRATORS' SOCIAL PRACTICES (Case Study, Habitus and Arena of Online Prostitution Perpetrators in makassar city). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E032181005_tesis_03-01-2023 COVER1.jpg

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E032181005_tesis_03-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E032181005_tesis_03-01-2023 DP.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E032181005_tesis_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

MUHAMMAD RIFADLY UTINA. PRAKSIS SOSIAL PELAKU PROSTITUSI ONLINE (Studi Kasus, Habitus dan Arena Pelaku Prostitusi Online di Kota Makassar) (dibimbing oleh Mansyur Radjab dan Buchari Mengge).
Penelitian ini mengkaji tentang praktek prostitusi online di kota Makassar. Tujuan dalam penelian ini adalah untuk memahami praksis sosial, mendeskripsikan gaya hidup serta menganalisa peran dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam praktek prostitusi online yang terjadi di kota Makassar.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dipadukan bersama analisis strukturalisme genetik. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima (5) orang yang ditentukan menggunakan teknik purposif sampling dan dilanjutkan menggunakan metode snowball. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi serta data-data sekunder yang relevan dengan topik penelitian.
Penelitian ini menunjukan bahwa praktek prostitusi online yang terjadi di kota Makassar tercipta dari proses dialektis antar beberapa unsur. Pertama, sejarah personal yang ada pada trajektori kehidupan para pelaku terbentuk dari tiga (3) ranah spesifik yaitu ranah keluarga, ranah pergaulan dan ranah virtual yang diisi oleh berbagai hal negatif seperti adanya ketidak-harmonisan dalam keluarga, prilaku menyimpang dari orang-orang terdekat serta dampak buruk dari media virtual. Kedua, dominasi kekuasaan yang terdapat dari ketiga ranah tersebut berdampak pada terciptanya habitus yang mengarah dan relevan dengan praktek prostitusi online. Dalam praktek prostitusi online yang dilakukan oleh para pelaku, habitus berperan sebagai sistem penyesuaian subjektif, struktur mental dan kognitif, sistem selera (taste) dan skema atau strategi yang digunakan untuk memperoleh sebuah posisi serta mendapatkan modal yang bernilai di dalam ruang sosialnya. Ketiga, prostitusi online merupakan sebuah praktek yang dilakukan dengan menggunakan logika modal. Sehingga, segala hal yang terdapat dalam praktek prostitusi online ini bersifat transaksional. Modal tersebut dapat diinvestasikan (rekonversi) serta bersifat multiplier yang dengannya tingkat kesuksesan para pelaku dapat dilipat gandakan.

Kata Kunci : Praksis Sosial, Prostitusi Online

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: power contained in the three domains
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Apr 2023 01:23
Last Modified: 06 Apr 2023 01:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26155

Actions (login required)

View Item
View Item