Riyadi S., Ahmad (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENGATASI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA PRASEKOLAH = THE ROLE OF PARENTS IN OVERCOMING THE USE OF GADGETS IN PRESCHOOL CHILDREN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E031181503_skripsi_03-01-2023 COVER1.jpg
Download (212kB) | Preview
E031181503_skripsi_03-01-2023 BAB 1-2.pdf
Download (576kB)
E031181503_skripsi_03-01-2023 DP.pdf
Download (785kB)
E031181503_skripsi_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2025.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Ahmad Riyadi S. E031181503. Judul Skripsi “Peran Orang Tua Dalam Mengatasi Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah”. Dibimbing oleh: Rahmat Muhammad dan Sawedi Muhammad. Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui alasan orang tua dalam memberikan gadget pada anak usia prasekolah (2) Untuk mengetahui tanggapan orang tua setelah mengetahui anaknya ketergantungan gadget (3) Untuk mengetahui cara lain yang dapat diberikan selain gadget. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memberikan akses gadget pada anaknya, sebagai berikut: (1) diwajibkannya penggunaan gadget untuk proses pembelajaran online. (2) sebagai pengalihan pada saat masa MPASI ataupun pada saat makan. (3) sebagai media hiburan dan menjadikan gadget sebagai sumber pembelajaran pertama sebelum sekolah. (4) sebagai alat untuk menenangkan anak saat rewel disaat orang tua sibuk bekerja. Adapun tanggapan orang tua setelah mengetahui anaknya ketergantungan gadget, orang tua melihat ciri-ciri seperti (1) anak yang kurang fokus. (2) tantrum. (3) tidak peduli atau tidak merespon ketika sudah bermain gadget. (4) mata lelah. Dalam mengatasi penggunaan gadget pada anak usia prasekolah, orang tua memberikan alternatif kepada anaknya yaitu (1) memberikan perhatian kepada anaknya seperti berbicara bersama keluarga (family time) atau mengajaknya keluar jalan (traveling). (2) mengajak anak berkegiatan diluar seperti mengikutkan bimbel (bimbigan belajar) atau sesuai hobinya. (3) mengenalkan anak buku edukasi atau permainan yang bisa melatih akal pikiran mereka. (4) mengajak anak ke dunia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Keywords : Alternatif, Anak Usia Prasekolah, Gadget
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alternatives, Preschool Children, Gadgets |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 01:16 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 01:16 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26134 |