Fungsi Lembaga Dakwah Kampus dalam Mensosialisasikan Pembentukan Karakter Religiulitas bagi Mahasiswa (Studi Kasus UKM LDK MPM Universitas Hasanuddin) = Functions of Campus Da'wah Institutions in Disseminating Religious character Formation for Students (Case Study of UKM LDK MPM Unhas)


Padillah, Padillah (2022) Fungsi Lembaga Dakwah Kampus dalam Mensosialisasikan Pembentukan Karakter Religiulitas bagi Mahasiswa (Studi Kasus UKM LDK MPM Universitas Hasanuddin) = Functions of Campus Da'wah Institutions in Disseminating Religious character Formation for Students (Case Study of UKM LDK MPM Unhas). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031181021_skripsi_03-01-2023 COVER1.jpg

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E031181021_skripsi_03-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E031181021_skripsi_03-01-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031181021_skripsi_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

PADILLAH, E031181021, Fungsi Lembaga Dakwah Kampus dalam Mensosialisasikan Pembentukan Karakter Religiulitas bagi Mahasiswa (Studi Kasus UKM LDK MPM Unhas) dibimbing oleh Sakaria, dan Muhammad Sabiq.

Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui bagaimana fungsi, kendala, dan strategi UKM LDK MPM Unhas dalam mensosialisasikan Pembentukan Karakter Religulitas bagi Mahasiswa. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tipe penelitian deskripsi kualitatif dengan dasar penelitian yaitu studi kasus. Subjek penelitian ini sebanyak 8 informan penelitian yang menggunakan metode Purposive sampling ( sampel bertujuan).
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu UKM LDK MPM Unhas sebagai lembaga dakwah legal yang ada di kampus universitas Hasanuddin memiliki sebuah fungsi sebagai fasilitator dakwah di lingkungan kampus yang sasaran dakwah mereka adalah masyarakat kampus secara umum dan mahasiswa muslim secara khusus diantara fungsi UKM LDK MPM Unhas dalam menjalankan tugasnya yaitu mensosialisasikan nilai-nilai keislaman terhadap mahasiswa, membangun hubungan yang baik dengan masyarakat kampus, serta membentuk kader yang dapat berafiliasi terhadap dakwah. Selain fungsi yang telah dijalankan oleh UKM LDK MPM Unhas, secara umum MPM juga memiliki dua kendala dalam menjalankan fungsinya yaitu kendala internal dan kendala ekternal. Sehingga UKM LDK MPM Unhas dalam mengantisipasi kendala tersebut maka mereka menyusun sebua strategi agar dapat membentuk karakter mahasiswa yang religius diantaranya, membuat program kerja yang dapat menarik minat mahaiswa, melakukan dakwah fardiyah ( dakwah person to person), membuat program kerja yang strategis, serta menjalin kerja sama dengan birokrasi.

Keywords : Fungsi Lembaga, Dakwah Kampus, Sosialisasi, nilai keislaman, Karakter Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Institutional Functions, Campus Da'wah, Socialization, Islamic Values, Student Character
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Apr 2023 01:09
Last Modified: 05 Apr 2023 01:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26124

Actions (login required)

View Item
View Item