PERAN GANDA ISTRI NELAYAN DALAM MENUNJANG KEHIDUPAN KELUARGA DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS PA’PALELE IKAN DI KELURAHAN BINTARORE KECAMATAN UJUNG BULU KABUPATEN BULUKUMBA) = THE DUAL ROLE OF FISHERMEN'S WIVES IN SUPPORTING FAMILY LIFE IN THE DIGITAL ERA (CASE STUDY OF FISH PA'PALELE IN BINTARORE VILLAGE UJUNG BULU DISTRICT BULUKUMBA REGENCY)


Awalia, Dhea Ananda Rezky (2022) PERAN GANDA ISTRI NELAYAN DALAM MENUNJANG KEHIDUPAN KELUARGA DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS PA’PALELE IKAN DI KELURAHAN BINTARORE KECAMATAN UJUNG BULU KABUPATEN BULUKUMBA) = THE DUAL ROLE OF FISHERMEN'S WIVES IN SUPPORTING FAMILY LIFE IN THE DIGITAL ERA (CASE STUDY OF FISH PA'PALELE IN BINTARORE VILLAGE UJUNG BULU DISTRICT BULUKUMBA REGENCY). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031181020_skripsi_17-01-2023 COVER1.jpg

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E031181020_skripsi_17-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E031181020_skripsi_17-01-2023 DP.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031181020_skripsi_17-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Dhea Ananda Rezky Awalia, E031181P020 “Peran Ganda Istri Nelayan Dalam Menunjang Kehidupan Keluarga Di Era Digital (Studi Kasus Pa’palele Ikan di Kelurahan Bintarore Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba)”. Dibimbing oleh Sakaria dan Muhammad Sabiq. Departemen Sosiologi, Fakulltas Ilmu Sosisal dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran ganda yang dilakukan istri nelayan dalam menunjang kehidupan keluarga. Serta mengetahui bagaimana hambatan yang dialami istri nelayan di Kelurahan Bintarore Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif untuk menggambarkan studi kasus yang terjadi di Kelurahan Bintarore tersebut. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa istri nelayan di kelurahan bintarore melakukan peran ganda. Para istri nelayan menjual ikan hasil tangkapan suami karena kebutuhan ekonomi untuk menunjang kehidupan keluarga. Peran ganda yang dilakukan dapat diketahui bahwa peran yang dilakukan istri nelayan dalam sektor domestik itu dilakukan ketika mulai bangun dari tidur. Mereka telah dihadapkan dengan setumpuk tugas yang harus dilakukan. Mulai dari menyiapkan pakaian suami, membeli umpan, membangunkan anak untuk ke sekolah dan hal-hal lainnya. Dalam sektor publik mereka tidak hanya diam di rumah untuk menanti penghasilan yang diperoleh suami mereka dari melaut, namun mereka juga terlibat kegiatan mencari nafkah dengan menjual hasil tangkapan suami. Adapun hambatan yang dialami istri nelayan diantaranya; pembagian waktu dan ketidakmampuan penggunaan teknologi dalam hal ini smartphone.

Keywords : Peran Domestik, Peran Publik, Istri Nelayan dan Hambatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Domestic role, public role, fisherman’s wife and Obstacles
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Apr 2023 00:20
Last Modified: 05 Apr 2023 00:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26117

Actions (login required)

View Item
View Item