MOMANDALO TADULAHU: KEARIFAN LOKALPENGASUHAN ANAK PEREMPUAN PADA MASYARAKAT GORONTALO = MOMANDALO TADULAHU: LOCAL WISDOM ON WOMEN'S CARE IN THE COMMUNITY GORONTALO


Yusuf, Indra Dewi Sery (2022) MOMANDALO TADULAHU: KEARIFAN LOKALPENGASUHAN ANAK PEREMPUAN PADA MASYARAKAT GORONTALO = MOMANDALO TADULAHU: LOCAL WISDOM ON WOMEN'S CARE IN THE COMMUNITY GORONTALO. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E023192017_disertasi_03-01-2023 COVER1.jpg

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E023192017_disertasi_03-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (641kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E023192017_disertasi_03-01-2023 DP.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E023192017_disertasi_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

INDRA DEWI SERY YUSUF. Momandalo Tadulahu: Pengasuhan Anak Perempuan Pada Masyarakat Gorontalo (Dibimbing oleh Mahmud Tang, Yahya, Mashadi).

Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi dan bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan latar historis dan paradigm tradisi Momandalo; 2) Mengeksplorasi nilai-nilai moralitas dalam tradisi momandalo ta dulahu; 3) Mendeskripsikan cara membentuk karakter anak perempuan pada masyarakat Gorontalo.

Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah orang tua, tokoh adat, tokoh agama dan warga masyarakat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tradisi momandalo lahir dari kesadaran budaya orang tua untuk memperlakukan anak-anak perempuan secara terhormat dan bermartabat dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Momandalo tadulahu merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan oleh orang tua sebagai warisan kebudayaan Gorontalo dalam pengasuhan anak perempuan. Anak perempuan dibentuk karakternya agar terhindar dari hal-hal yang dianggap tabu dalam kehidupan masyarakat Gorontalo; 2) Nilai-nilai moralitas yang diajarkan selama masa momandalo untuk membentuk karakter anak gadis berdasarkan nilai-nilai lokal seperti oadabu, taati, moolohu, mottolianga, moloheto, motinepo dan motolopani. Nilai-nilai moralitas ini diajarkan kepada anak-anak perempuan selama dalam masa momandalo. Tradisi momandalo mulai kehilangan arah dan tujuan karena dipengaruhi oleh arus perubahan yang disebabkan agenda-agenda modernisasi. Gaya hidup individualisme, materialisme, hedonisme dan pengarustamaan gender menjadi tipikal masyarakat modern di abad 21, 3) Karakter anak perempuan dalam masyarakat Gorontalo dibentuk melalui tradisi dan adat istiadat Gorontalo melalui molubingo, mopolihu lo limu, mohuntingo, moponika, dan momayango bele. Beberapa tardisi dan adat istiadat ini memilki ruang produktif dalam menanamkan karakter pada anak-anak perempuan Gorontalo. nilai-nilai budaya ini ditanamkan pada anak-anak perempuan sebagai symbol dari keluhuran keluarga.

Kata Kunci: Momandalo, tadulahu, nilai-nilai moralitas, orang tua.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Momandalo, Tadulahu, Moral Values, Parents
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Apr 2023 00:54
Last Modified: 04 Apr 2023 00:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26100

Actions (login required)

View Item
View Item