ANALISIS MINAT BACA SANTRI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN UMMUSSHABRI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI INFORMASI DI KOTA KENDARI = ANALYSIS OF THE READING INTEREST OF THE MADRASAH ALIYAH SANTRI AT THE UMMUSSHABRI ISLAMIC BOARDING SCHOOL STUDENTS AS AN EFFORT TO INCREASE INFORMATION LITERACY IN KENDARI CITY


Sariyani, Wiwin (2022) ANALISIS MINAT BACA SANTRI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN UMMUSSHABRI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI INFORMASI DI KOTA KENDARI = ANALYSIS OF THE READING INTEREST OF THE MADRASAH ALIYAH SANTRI AT THE UMMUSSHABRI ISLAMIC BOARDING SCHOOL STUDENTS AS AN EFFORT TO INCREASE INFORMATION LITERACY IN KENDARI CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022202017_tesis_03-01-2023 COVER1.jpg

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022202017_tesis_03-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022202017_tesis_03-01-2023 DP.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022202017_tesis_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2025.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

WIWIN SARIYANI. Analisis Minat Baca Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ummusshabri Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Informasi di Kota Kendari. (dibimbing oleh : Dr. Muhammad Farid, M.Si dan Dr. Sudirman Karnay, M.Si)

Budaya membaca di Indonesia masih tergolong lemah dan memprihatinkan hal ini dapat dilihat dari kurangnya minat membaca pada masyarakatnya, baik dari segi pelajar, pekerja, atau nonpekerja. Rendahnya kebiasaan membaca ini menjadikan kemampuan siswa di sekolah ikut rendah. Padahal dengan membaca kita bisa menemukan inspirasi baru, pengetahuan dan berita-berita baru. Sebagai jembatan ilmu pengetahuan, membaca memiliki dampak yang sangat luar biasa apabila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk menganalisis perkembangan minat baca santri Madrasah Aliyah pondok pesantren Ummusshabri sebagai upaya peningkatan literasi informasi di Kota Kendari; (2) Untuk menganalisis strategi satuan pendidikan Madrasah Aliyah Ummusshabri dalam meningkatkan minat baca santri sebagai upaya peningkatan literasi informasi di Kota Kendari. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian deskriptif yaitu dengan menggambarkan dan menyajikan fakta secara sistematik tentang keadaan objek yang sebenarnya mengenai bagaimana perkembangan minat baca santri madrasah Aliyah pondok pesantren Ummusshabri sebagai upaya peningkatan literasi informasi. Kriteria informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah informan yang merupakan staf pengajar dan beberapa santri di madrasah Aliyah pondok pesantren Ummusshabri kota Kendari. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaksi yang dikemukakan oleh Milles dan Huberman. Hasil penelitian bahwa (1) Perkembangan minat baca santri Madrasah Aliyah pondok pesantren Ummusshabri sebagai upaya peningkatan literasi informasi di Kota Kendari melum mengalami peningkatan; (2) Strategi satuan pendidikan Madrasah Aliyah Ummusshabri dalam meningkatkan minat baca santri sebagai upaya peningkatan literasi informasi adalah menyetor hafalan atau mengaji bersama, mengajak santri untuk ke museum, memberikan lomba pidato dan menyediakan taman baca.

Kata Kunci : Minat Baca, Pondok Pesantren Ummusshabri Kendari, Literasi Informasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca, Pondok Pesantren Ummusshabri Kendari, Literasi Informasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Apr 2023 00:54
Last Modified: 04 Apr 2023 00:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26098

Actions (login required)

View Item
View Item