STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF GIZI SEIMBANG DALAM MENANGANI KASUS STUNTING (Studi Komunikasi Kesehatan di Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare) = Balanced Nutrition Persuasive Communication Strategy in Handling Stunting Cases (Study of Health Communication in Watang Bacukiki Village, Bacukiki District, Parepare City)


Alif, Insyirah Salsabila (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF GIZI SEIMBANG DALAM MENANGANI KASUS STUNTING (Studi Komunikasi Kesehatan di Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare) = Balanced Nutrition Persuasive Communication Strategy in Handling Stunting Cases (Study of Health Communication in Watang Bacukiki Village, Bacukiki District, Parepare City). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191048_skripsi_06-02-2023 COVER1.jpg

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021191048_skripsi_06-02-2023 BAB 1-2.pdf

Download (800kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191048_skripsi_06-02-2023 DP.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191048_skripsi_06-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 March 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

INSYIRAH SALSABILA ALIF. Strategi Komunikasi Persuasif Gizi
Seimbang Dalam Menangani Kasus Stunting (Studi Komunikasi
Kesehatan di Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare) (Dibimbing oleh Sudirman Karnay dan Andi Subhan Amir)
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) faktor penghambat yang ditemui oleh Kelurahan Watang Bacukiki dan (2) bagaimana penerapan strategi komunikasi yang dilakukan oleh Kelurahan Watang Bacukiki dalam upaya penanganan stunting melalui komunikasi gizi seimbang.
Metode penelitian ini ialah deskriptif-kualitatif melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi sebagai data primer, disertai dengan kajian pustaka yang bersumber dari buku, jurnal, dokumen resmi, dan berita online terkait penelitian sebagai data sekunder. Adapun penentuan informan penelitian berdasarkan purposive sampling.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa terdapat beberapa faktor yang menghambat pelaksanaan program penanganan stunting yang dilakukan oleh Kelurahan Watang Bacukiki dan strategi komunikasi yang diterapkan adalah dengan menerapkan empat tahap inti dalam penyusunan strategi komunikasi yaitu: (1) menetapkan komunikator, (2) menentukan khalayak, (3) menyusun pesan, dan (4) memilih media dan saluran komunikasi. Selain itu Kelurahan Watang
Bacukiki menghadirkan program-program inovatif terkait stunting guna mendukung percepatan zero stunting di Provinsi Sulawesi Selatan, utamanya Kota Parepare.

Kata Kunci: stunting; strategi komunikasi; faktor enghambat; Kelurahan Watang Bacukiki; gizi seimbang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: stunting; Watang Bacukiki Village; communication strategy; inhibiting factors; balanced nutrition
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Apr 2023 00:49
Last Modified: 04 Apr 2023 00:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26082

Actions (login required)

View Item
View Item