Irsyam, Tasya Nurul Aulia (2022) PERSEPSI MAHASISWI KRISTEN OIKUMENE FISIP UNHAS PADA PRODUK KOSMETIK BERLABEL HALAL = PERCEPTION OF OIKUMENE CHRISTIAN STUDENTS OF FISIP UNHAS ON COSMETIC PRODUCTS WITH HALAL LABEL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E021181501_skripsi_03-01-2023 COVER1.jpg
Download (212kB) | Preview
E021181501_skripsi_03-01-2023 BAB 1-2.pdf
Download (1MB)
E021181501_skripsi_03-01-2023 DP.pdf
Download (755kB)
E021181501_skripsi_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 March 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi kelompok masyarakat non muslim khususnya komunitas Persekutuan Mahasiswa Kristen Oikumene Fisip Unhas terhadap kosmetik dekoratif berlabel halal.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan studi pustaka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi komunitas Persekutuan Mahasiswa Kristen Oikumene Fisip Unhas mengenai produk kosmetik dekoratif halal adalah produk yang aman, nyaman dipakai sehari-hari, produk yang memiliki warna alami dan natural, produk yang cocok dengan warna kulit orang Indonesia, produk yang tidak membahayakan makhluk hidup lainnya seperti hewan, produk yang sesuai dengan aturan Majelis Ulama Indonesia, dan produk yang praktis. Berdasarkan dari hasil dan analisis data tersebut ditemukan bahwa komunitas masyarakat non muslim memiliki pemahaman yang baik tentang label halal pada sebuah produk. Hal ini bisa terjadi karena lingkungan informan, keluarga, teman, persepsi yang terbentuk melalui komunikasi intrapersonal dan terpaan media menimbulkan implikasi terkait dengan pemahaman komunitas Persekutuan Mahasiswa Kristen Oikumene Fisip Unhas mengenai produk kosmetik dekoratif halal. Hal ini yang menyebabkan PMKO Fisip Unhas memahami konsep halal, meskipun halal berbeda dengan nilai-nilai yang informan miliki, namun pengalaman dalam kelompok masyarakat membangun persepsi mereka mengenai produk kosmetik dekoratif halal.
Keywords : Persepsi, Komunikasi Intrapersonal, Kosmetik Halal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perception, Intrapersonal Communication, Halal Cosmetic |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 00:49 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 00:49 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26078 |