EVALUASI KEBIJAKAN DIVERSIFIKASI PANGAN BERBASIS RUMAH TANGGA DI KABUPATEN GOWA = HOUSEHOLD-BASED FOOD DIVERSIFICATION POLICY EVALUATION IN GOWA DISTRICT


Erni, Andi (2023) EVALUASI KEBIJAKAN DIVERSIFIKASI PANGAN BERBASIS RUMAH TANGGA DI KABUPATEN GOWA = HOUSEHOLD-BASED FOOD DIVERSIFICATION POLICY EVALUATION IN GOWA DISTRICT. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E013201004_disertasi_24-02-2023 COVER1.jpg

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E013201004_disertasi_24-02-2023 BAB 1-2.pdf

Download (809kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E013201004_disertasi_24-02-2023 DP.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E013201004_disertasi_24-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2025.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Evaluasi Kebijakan Diversifikasi Pangan Berbasis Rumah Tangga di Kabupaten Gowa (dibimbing olehMuhammad Akmal Ibrahim, Nurdin Nara dan Sukri)
Permasalahan yang berkaitan dengan Kebijakan Peningkatan Diversifikasi Pangan di Kabupaten Gowa selama kurun waktu 10 tahun terakhir yaitu belum tercapainya berbagai target kebijakan yang lebih diprioritaskan kepada diversifikasi pangan yakni penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan berbasis rumah tangga. Hal ini menyebabkan banyaknya kelembahan dan bahkan tidak optimalnya tercapai sasaran yang diinginkan oleh skim kebijakan diversifikasi pangan, khususnya pada program berbasis rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi serta menganalisis capaian Kebijakan Diversifikasi Pangan Berbasis Rumah Tangga di Kabupaten Gowa, dengan penekanan pada pendekatan kriteria evaluasi kebijakan publik yang dijelaskan oleh William Dunn.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif, dalam menjelaskan permasalahan evaluasi kebijakan diversifikasi pangan, dengan mengacu pada kriteria evaluasi William Dunn. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif interaktif dengan pendekatan Miles Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan mengacu pada kriteria evaluasi yang dikembangkan, aspek efektifitas kebijakan sifatnya jangka pendek belum berdampak pada peningkatan gizi dan pendapatan masyarakat. Sementara kriteria efisiensi kebijakan belum berjalan dengan baik, pada penggunaan anggaran serta kriteria kecukupan dana kebijakan hanya bertahan pada tahun tahun awal, sehingga cenderung program tidak berlanjut. Kriteria perataan kebijakan belum tercapai karena jumlah kelompok yang terbatas sehingga program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) maupun Pekarangan Pangan Lestari (P2L) ini belum hadir disetiap Kecamatan dan responsivitas kebijakan cenderung tidak memberi dampak pada peningkatan gizi dan kesejateraan masyarakat. Kriteria ketepatan masih kurang tepat, diantaranya ketepatan penggunaan anggaran, ketepatan pola penanaman, ketepatan manajemen kelompok dan ketepatan model pendampingan. Temuan model rekomendasi kebijakan diversifikasi pangan berbasis rumah tangga yang efektif kepada kriteria evaluasi yaitu dengan melakukan perubahan skema anggaran dengan model bertahap dan berbasis kinerja, peningkatan kapasitas kelompok, adanya kompetisi antar penerima program serta reward kelompok yang berprestasi.

Keywords : Evaluasi Kebijakan, Diversifikasi pangan, kesejahteraan masyarakat

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Policy Evaluation, Food diversification, community welfare
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Apr 2023 00:46
Last Modified: 04 Apr 2023 00:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26067

Actions (login required)

View Item
View Item