Studi Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Heterogen Pada Jalur Putar Balik Arah Tipe Jalan Kolektor 4/2 = Study of Heterogeneous Traffic Noise Levels on a U-turn Route Type 4/2 Collector Road


Asdi, Andi Syahratul Naifah (2022) Studi Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Heterogen Pada Jalur Putar Balik Arah Tipe Jalan Kolektor 4/2 = Study of Heterogeneous Traffic Noise Levels on a U-turn Route Type 4/2 Collector Road. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D131181305_skripsi_14-02-2023 cover1.png

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D131181305_skripsi_14-02-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D131181305_skripsi_14-02-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D131181305_skripsi_14-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2025.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

ANDI SYAHRATUL NAIFAH ASDI. Studi Tingkat Kebisingan Lalu Lintas pada Jalur Putar Balik Arah Tipe Jalan Kolektor 4/2 Kota Makassar (dibimbing oleh Muhammad Isran Ramli dan Rasdiana Zakaria).
Median merupakan jalur bagian jalan yang terletak di tengah yang berfungsi untuk memisahkan arus lalu lintas yang berlawanan arah yang terdiri dari jalur tepian. Median jalan umumnya dilengkapi dengan bukaan median yang memungkinkan
kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah. Bukaan median dengan fasilitas putar balik arah merupakan salah satu faktor penyebab kemacetan yang paling sering terjadi di beberapa ruas jalan sehingga menimbulkan kebisingan.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Jumlah titik pengamatan penelitian sebanyak 6 titik. Pengambilan data dilakukan selama 10 menit untuk mewakili tiap jam dari pukul 07.00-18.00 WITA. Hasil pengambilan data kemudian diolah dengan perhitungan LAeq dan Uji Paired Sample T-Test menggunakan SPSS.
Karakteristik tingkat kebisingan pada fasilitas putar balik arah dengan tipe jalan kolektor 4/2 Kota Makassar berbeda-beda, dikarenakan tingkat kebisingan pada tiap titik pengamatan berbeda-beda. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan, didapatkan, nilai LAeq day tertinggi yaitu pada titik pengamatan PBA 3 sebesar 79,8 dB dan nilai LAeq day terendah sebesar 74,4 dB pada titik pengamatan PBA 6.
Dimana tingkat kebisingan tersebut telah melampaui baku mutu yang telah ditetapkan dalam KEPMEN-LH No. 48 Tahun 1996 untuk kawasan pendidikan, perumahan dan pemukiman serta perdagangan dan jasa, yaitu 55 dB hingga 70 dB. Hasil pengukuran untuk tiap titik pengamatan juga dibandingkan dengan batas maksimum dan minimum nilai Leq10 dan LAeq untuk kategori jalan utama komersil sesuai dengan pedoman PU No. 13 Tahun 2003.
Analisis tingkat kebisingan diuji menggunakan program SPSS untuk mengetahui hubungan data tingkat kebisingan dan volume lalu lintas, kecepataan kendaraan dan jumlah bunyi klakson untuk waktu pengamatan pagi, siang, dan sore hari. Dari uji
Paired Sample T-Test untuk hubungan kebisingan dan volume lalu lintas, kecepatan kendaraan dan bunyi klakson, terdapat beberapa data yang tidak berhubungan dan berhubungan tergantung waktu pengamatan dan jenis kendaraan.

Kata Kunci: Kebisingan, Median, Putar Balik Arah, SPSS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Noise, Median, Detour, SPSS
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Apr 2023 00:27
Last Modified: 03 Apr 2023 00:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26019

Actions (login required)

View Item
View Item