Analisis Alih Kode dalam Iklan-Iklan Produk Kosmetik di Televisi


Anta, Sitti Rahmatia (2022) Analisis Alih Kode dalam Iklan-Iklan Produk Kosmetik di Televisi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041181322_skripsi_02-01-2023 COVER1.jpg

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041181322_skripsi_02-01-2023 DP.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041181322_skripsi_02-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (734kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041181322_skripsi_02-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

SITTI RAHMATIA ANTA. 2022. Analisis Alih Kode dalam Iklan-Iklan Produk Kosmetik di Televisi (dibimbing oleh Abdul Hakim and Sukmawaty).

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tipe-tipe alih kode dalam iklan-iklan produk kosmetik dan mengidentifikasi variasi unsur bahasa yang beralih yang digunakan dalam iklan-iklan produk kosmetik.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan teori yang digagas oleh Abdul Hakim Yassi untuk menganalis tipe-tipe alih kode dalam iklan-iklan produk kosmetik dan menggunakan teori tata bahasa tradisional untuk menganalisis variasi unsur bahasa yang beralih dalam iklan-iklan tersebut. Data yang dianalisis dalam penelitian ini yakni 20 iklan produk kosmetik yang muncul pada beberapa saluran televisi dari tanggal 18 April hingga 15 Juni 2022.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima tipe alih kode yang ditemukan dalam iklan-iklan produk kosmetik yakni intra-leksikal, intra-frasa, intra-klausa, inter-klausa, dan tag. Selain itu, terdapat pula 16 variasi unsur bahasa yang beralih yang digunakan dalam iklan-iklan tersebut yakni subject noun phrase, object noun phrase, predicate noun phrase, noun phrase, subject single noun, object single noun, predicate single noun, single noun, predicative adjective, attributive adjective, attributive adjective phrase, verb, interjection, independent clause, dependent clause dan minor clause.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alih kode, Unsur yang beralih, Iklan kosmetik
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 03 Apr 2023 00:20
Last Modified: 03 Apr 2023 00:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26005

Actions (login required)

View Item
View Item