Marhaenisme dan Maklumat Chayanovian: Studi Fenomenologi Petani Kecil pada sebuah Komunitas Padi Sawah di Gowa, Sulawesi Selatan = Marhaenisme and Chayanovian Maklumat: A Phenomenological Study of Small Farmers in a Rice Field Community in Gowa, South Sulawesi


Al Kautsar, Muh. Firman (2022) Marhaenisme dan Maklumat Chayanovian: Studi Fenomenologi Petani Kecil pada sebuah Komunitas Padi Sawah di Gowa, Sulawesi Selatan = Marhaenisme and Chayanovian Maklumat: A Phenomenological Study of Small Farmers in a Rice Field Community in Gowa, South Sulawesi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021171532_skripsi_10-01-2023 COVER1.jpg

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021171532_skripsi_10-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021171532_skripsi_10-01-2023 DP.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021171532_skripsi_10-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 March 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Alexander Chayanov menyebutkan tentang dua keseimbangan utama (disamping keseimbangan lainnya) yang ada dalam lingkup internal petani kecil dan usahataninya. Keseimbangan utama itu ialah keseimbangan tenaga kerja-konsumen, dan keseimbangan jerih payah-faedah. Persoalan yang mesti diselesaikan adalah berkenaan dengan eksistensi petani kecil padi, tentang keseimbangan-keseimbangan yang ada dalam internal petani dan sejauhmana mereka mengembangkan keseimbangan-keseimbangan tersebut dalam melakukan produksi pertanian. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui kesesuaian Tesis Chayanovian terhadap petani kecil di Indonesia, dan untuk mendeskripsikan proses-proses yang dijalankan petani kecil padi dalam mengembangkan keseimbangan-keseimbangan pada produksi pertaniannya. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu NUD.IST Program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan jumlah tenaga kerja dan konsumen dalam keluarga masih menjadi faktor utama bagi petani dan keluarga dalam menjalankan produksi pertaniannya. Hal-hal yang terjadi dalam upaya petani dan keluarga dalam menyeimbangkan perbandingan jumlah tenaga kerja-konsumen seperti berkurangnya tenaga kerja keluarga karena bekerja di bidang nonpertanian, berakibat pada meningkatnya jerih payah yang harus dikeluarkan oleh tenaga kerja keluarga yang tersisa. Pada saat yang sama, juga berpengaruh pada faedah yang didapatkan. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu, Tesis Chayanovian mengenai keseimbangan tenaga kerja-konsumen dan keseimbangan jerih payah-faedah terhadap eksistensi petani kecil padi masih relevan dalam proses produksi usaha tani petani dan keluarga.

Keywords : Marhaenisme, Petani Kecil, Keseimbangan Utama, NUD.IST Program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marhaenism, Small Farmers, Main Balance, NUD.IST Program
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2023 01:02
Last Modified: 28 Mar 2023 01:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25910

Actions (login required)

View Item
View Item