Komparasi Kualitas Daya Sistem Ketenagalistrikan Sulselbar untuk Kondisi Sistem yang Terhubung dengan Pembangkit yang Jauh dari Pusat Beban dan Pembangkit yang Dekat dengan Pusat Beban


Yusran, - and Fauziah Haz, - and Ali Akbar, - and Arini Ridhowati, - and Gassing, - Komparasi Kualitas Daya Sistem Ketenagalistrikan Sulselbar untuk Kondisi Sistem yang Terhubung dengan Pembangkit yang Jauh dari Pusat Beban dan Pembangkit yang Dekat dengan Pusat Beban. Laporan Penelitian Laboratory Based Education (LBE) Tahun 2016.

[thumbnail of 5 LP NO. 5 - YUSRAN - P. LBE - 2016 - ABSTRAK.pdf] Text
5 LP NO. 5 - YUSRAN - P. LBE - 2016 - ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)

Abstract (Abstrak)

Akselerasi pembangunan di Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat menuntut tersedianya daya listrik dalam jumlah yang cukup. Ketersediaan daya listrik tersebut dipenuhi melalui pembangunan pembangkit baru. Sistem ketenagalistrikan Sulselbar sendiri memiliki karakteristik unik yaitu keberadaan pusat-pusat pembangkit yang terletak di bagian utara dan pusat-pusat beban yang terletak di bagian selatan. Salahsatu pembangkit yang sudah terhubung dengan sistem tenagalistrik Sulselbar adalah PLTA Poso II. PLTA Poso II merupakan pembangkit terjauh dari pusat beban yaitu di daerah Poso, Sulawesi Tengah. Penelitian ini membahas tentang kualitas daya sistem setelah terhubung dengan PLTA Poso II dan komparasinya setelah terhubung dengan pembangkit baru yang terletak dekat pusat beban yaitu PLTU Jeneponto IPP. Metode yang digunakan adalah simulasi aliran daya dengan menggunakan metode Newton Raphson. Hasil simulasi menunjukkan bahwa pada saat terhubung dengan PLTA Poso II, nilai rugi-rugi daya meningkat dari 18,504 MW menjadi 22,919 MW. Sementara, saat sistem sudah terhubung dengan PLTU Jeneponto IPP, nilai-rugi daya turun menjadi 16,437 MW.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:13
Last Modified: 13 Mar 2023 02:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25850

Actions (login required)

View Item
View Item