ZAENAL, MUTMAINNA (2014) TANGGAPAN PELANGGAN TERHADAP BERITA-BERITA LOKAL DALAM SURAT KABAR RADAR SELATAN. Skripsi thesis, Uniniversitas Hasanuddin.
--mutmainnaz-5392-1-14-mutma-3.pdf
Download (882kB)
Abstract (Abstrak)
Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui Tanggapan pelanggan
terhadap berita-berita lokal yang ada di Harian Pagi Radar Selatan ; (2). Untuk
mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi tanggapan pelanggan terhadap
berita-berita lokal yang ada di Harian Pagi Radar Selatan.
Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih enam bulan yakni bulan Mei
hingga November 2013 yang dilaksanakan di Kota Bulukumba. Adapun populasi
dari penelitian ini adalah pelanggan Harian Pagi Radar Selatan yang berdomisili
di Bulukumba Kota. Responden penelitian dilakukan secara proportional
stratified random sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Adapun teknik
penentuan jumlah sampel menggunakan Stephen Isaac & Willian B. Michael.
Tipe penelitian ini menggunakan paradigma kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif.
Data primer dikumpulkan dengan observasi secara langsung, menyebarkan
kuisioner, dan wawancara. Cara pengumpulan data dengan observasi, untuk
mngetahui seberapa besar harapan pelanggan terhadap Harian Pagi radar Selatan.
Secara kuesioner dengan menggunakan daftar pertanyaan yang berstruktur dan
diajukan kepada reponden serta wawancara dengan memberikan beberapa
pertanyaan secara langsung yang dianggap perlu kepada responden. Data
sekunder dilakukan dengan observasi dan studi pustaka seperti buku-buku, artikel,
ataupun situs internet yang relevan dengan fokus permasalahan penelitian. Data
yang berhasil dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif dengan mendeskripsikan
data dalam bentuk tabel frekuensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan pelanggan terhadap
berita-berita lokal yang ada di Harian Pagi Radar Selatan dinilai bagus. Ini
didasarkan dari jumlah tanggapan yang diperoleh sebanyak 97 responden. Adapun
faktor-faktor yang mempengaruhi membaca berita-berita lokal Radar Selatan
adalah adanya rasa ingin tahu (curiosity), sebagai sumber informasi, dan edukatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | sangiasseri abubakar |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 02:13 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 02:13 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25832 |