FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK


Hartinah H., Dwi Ayu Siti (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of A062202005_tesis_14-02-2023 cover1.png]
Preview
Image
A062202005_tesis_14-02-2023 cover1.png

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of A062202005_tesis_14-02-2023 1-2.pdf] Text
A062202005_tesis_14-02-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of A062202005_tesis_14-02-2023 dp.pdf] Text
A062202005_tesis_14-02-2023 dp.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A062202005_tesis_14-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kepatuhan wajib pajak merupakan sikap yang dilakukan oleh wajib pajak dalam memenuhi segala hak dan tanggung jawabnya sesuai dengan peraturan perpajakan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepatuhan wajib pajak dengan menggunakan variabel kesadaran wajib pajak, moral wajib pajak, kualitas pelayanan, modernisasi system, serta sosialisasi pajak sebagai variabel moderasi terhadap kepatuhan wajib pajak. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 100 wajib pajak orang pribadi dengan menggunakan teknik sampling insidental. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan Moderated Regression Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak dan modernisasi sistem berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, sedangkan moral wajib pajak dan kualitas pelayanan pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara. Sosialisasi sebagai variabel moderasi dapat memperkuat pengaruh kesadaran wajib pajak dan modernisasi sistem terhadap kepatuhan wajib pajak, namun sosialisasi pajak sebagai variabel moderasi memperlemah pengaruh moral wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara, sedangkan untuk kualitas pelayanan membuktikan bahwa sosialisasi tidak memoderasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Akuntasi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:08
Last Modified: 21 Mar 2023 03:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25769

Actions (login required)

View Item
View Item