Keamanan Pangan dan Tingkat Kesukaan Konsumen terhadap Produk Olahan Hasil Perikanan Berbasis Surimi yang Diproduksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kota Makassar = "Food Safety and Consumer Favorability Level for Surimi- Based Processed Fishery Products Produced by Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Makassar City"


Amran, Amran (2022) Keamanan Pangan dan Tingkat Kesukaan Konsumen terhadap Produk Olahan Hasil Perikanan Berbasis Surimi yang Diproduksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kota Makassar = "Food Safety and Consumer Favorability Level for Surimi- Based Processed Fishery Products Produced by Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Makassar City". Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L051181019_skripsi_15-12-2022 COVER1.jpg

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L051181019_skripsi_15-12-2022 BAB 1-2.pdf

Download (768kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L051181019_skripsi_15-12-2022 DP.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L051181019_skripsi_15-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 March 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Amran. L051 18 019. “Keamanan Pangan dan Tingkat Kesukaan Konsumen terhadap Produk Olahan Hasil Perikanan Berbasis Surimi yang Diproduksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kota Makassar” dibimbing oleh Nursinah Amir sebagai pembimbing utama dan Syahrul sebagai pembimbing pendamping.
Industri rumah tangga merupakan bentuk kegiatan pengolahan dari barang dasar menjadi barang jadi atau setengah jadi yang dikelolah oleh masyarakat sehingga dapat membantu dalam pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan data Unit Pengolahan Ikan mikro pada tahun 2021 dari Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar menunjukkan bahwa terdapat sebanyak 40 jenis Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak pada bidang pengolahan hasil perikanan di Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi produk dan menentukan keamanan pangan serta tingkat kesukaan konsumen terhadap produk olahan hasil perikanan berbasis surimi yang diproduksi UMKM di Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2021 – Juni 2022. Sampel yang digunakan yaitu bakso ikan, nugget ikan dan otak-otak ikan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengambilan sampel dilakukan di UMKM Fatimah Az Zahra, Wanita Untia dan Jaya Lakkang dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Penentuan keamanan produk dilakukan di Balai Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan. Tingkat kesukaan konsumen ditentukan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa produk bakso ikan, nugget ikan dan otak-otak memiliki keamanan produk yang aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat karena tidak mengandung bahan yang berbahaya seperti boraks dan formalin. Hasil tingkat kesukaan konsumen menunjukan bahwa ketiga produk olahan hasil perikanan meliputi bakso ikan, nugget ikan dan otak-otak ikan termasuk dalam kategori sangat suka.

Kata Kunci: bakso ikan, keamanan pangan, kesukaan, nugget ikan, otak-otak ikan, UMKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: fish balls, food safety, favorites, fish nuggets, fish brains, MSMEs
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:28
Last Modified: 20 Mar 2023 03:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25724

Actions (login required)

View Item
View Item