Sarwing, Muhammad Yusuf (2023) ANALISIS RANTAI PASOK IKAN KARANG DI RESTORAN SEAFOOD KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
L041181501_skripsi_23-02-2023 COVER1.jpg
Download (243kB) | Preview
L041181501_skripsi_23-02-2023 DP.pdf
Download (556kB)
L041181501_skripsi_23-02-2023 BAB 1-2.pdf
Download (7MB)
L041181501_skripsi_23-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.
Download (22MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola distribusi, menganalisis margin pemasaran dan keuntungan pemasaran serta untuk menganalisis efisensi pemasaran Analisis Rantai Pasok Ikan Karang Di Restoran Seafood Kota Makassar. Penelitian dilaksanakan pada bulan November – Desember 2022 di Kota Makassar. Purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu agar data yang diperoleh lebih representative, Adapun Kriterianya sebagai berikut Aktif menjalankan restaurant, memiliki minimal 5 karyawan, memiliki omzet Rp.100.000.000 pertahun untuk restaurant dengan klasifikasi kecil, omzet paling banyak Rp. 500.000.000 untuk restaurant menengah, dan omzet 1 Milyar untuk restaurant besar.Penentuan responden untuk nelayan, pengepul, pengecer, pedagang paggandeng menggunakan metode accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan memilih responden yang kebetulan dijumpai untuk memenuhi keperluan penelitian, Jumlah responden yang akan dijadikan sampel adalah 6 Nelayan, 8 pengepul, 5 pengecer, 7 pedagang paggandeng dan 9 Restoran seafood. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis melalui penafsiran dan pemahaman serta analisis margin, keuntungan dan efisiensi pemasaran . Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Saluran pemasaran ikan karang di Kota Makassar terdapat empat bentuk saluran pemasaran margin pemasaran tertinggi diperoleh oleh pegusaha eksportir sebesar Rp.21.000,-/Kg dan terendah diperoleh pedagang pengepul sebesar Rp. 3.000,-/Kg Saluran pemasaran yang memperoleh nilai efisiensi pemasaran tertinggi adalah saluran pemasaran kedua yaitu 2.9% dengan pembagian terhadap nelayan sebesar 82% dan saluran pemasaran ikan kakap merah di Kota Makassar yang memperoleh nilai efisiensi terendah yaitu saluran pemasaran pertama sebesar 29.7 % dengan pembagian terhadap nelayan sebesar 65%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola distribusi, efisiensi pemasaran, ikan karang, Kota Makassar |
Subjects: | S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan |
Depositing User: | S.I.P Zohrah Djohan |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 03:26 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 03:26 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25723 |