PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN HIV/AIDS SISWA/I KELAS X SMA YPPK SANTO AGUSTINUS TAHUN AJARAN 2013/2014


Cahyani, Yunita Indah (2014) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN HIV/AIDS SISWA/I KELAS X SMA YPPK SANTO AGUSTINUS TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Uniniversitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
--yunitainda-5310-1-14-yunit-i.pdf

Download (949kB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang: AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome), yaitu suatu penyakit
menular yang disebabkan oleh infeksi human immunodeficiency virus (HIV), merupakan
permasalahan kesehatan yang telah menglobal dengan sebaran penyakit di seluruh dunia.
Sebagai salah satu negara yang tergabung dalam deklarasi Millennium Development
Goals (MDGs), Indonesia mempunyai komitment dalam menuju MDGS 2015 dimana
poin ke-6 memiliki tujuan untuk memerangi HIV/AIDS, Malaria, dan penyakit lain.
Dimana dalam target 6.A poin 6.5 dikatakan “tercapainya sasaran proporsi penduduk usia
15-24 tahun dengan pengetahuan komprehensif tentang HIV / AIDS pada tahun 2015”.
Adapun salah satu cara dalam mencapai target tersebut dengan melalui penyuluhan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dari
media pembelajaran terhadap tingkat pengetahuan HIV/AIDS.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimental dengan
rancangan group pretest-posttest. Sampel berjumlah 97 orang dari 4 kelas yang dipilih
secara acak dan dipisahkan ke dalam kedua kelompok perlakuan, penyuluhan metode
leaflet dan presentasi dengan proyektor LCD. Kemudian masing-masing diberikan pretest
dan dilakukan perlakuan berupa penyuluhan serta diberikan posttest di akhir perlakuan.
Normalisasi data dilakukan dengan menggunakan kolmogorov smirnov. Analisis data
dilakukan terhadap 97 sampel dengan menggunakan paired sample T test dan
independent t-test.
Hasil: Dari tabel hasil analisis independent sample t-test didapatkan bahwa nilai
p=0,001 (p<0,05) yang menandakan bahwa terdapat perbedaan bermakna selisih jumlah
benar pretest dan posttest dengan rata-rata perbedaan antara kelompok perlakuan leaflet
dengan kelompok perlakuan presentasi dengan proyektor LCD sebesar 1,520 dengan
besaran dampak d=0,334.Terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan
pengetahuan siswa/i yang termasuk ke dalam kelompok perlakuan leaflet (M=2,65;
SD=0,770) dibandingkan pada kelompok perlakuan presentasi dengan proyektor LCD
(M=9,26;SD=0,926); t(95)=4.892, p=.001. Hasil ini memberikan kesan bahwa kelompok
perlakuan presentasi + LCD memiliki peningkatan pengetahuan yang lebih baik
dibandingkan kelompok perlakuan leaflet.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap tingkat pengetahuan
HIV/AIDS siswa/i kelas X SMA YPPK Agustinus, dimana media pembelajaran audio
visual berupa presentasi dengan proyektor LCD secara statistik lebih unggul dalam
meningkatkan pengetahuan HIV/AIDS dibandingkan media pembelajaran cetak leaflet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, HIV, AIDS, Remaja, SMA
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 16 Mar 2023 08:23
Last Modified: 16 Mar 2023 08:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25708

Actions (login required)

View Item
View Item