Driver Traktor Semimanual bagi Pembajak Sawah di Kelurahan Pabundukang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan


Andi Muhammad Fauzan, - and Haykal Dilfansyah, - and Affandi Alyan, - and Yusran, - and Andi Ahmad Kamil S, - Driver Traktor Semimanual bagi Pembajak Sawah di Kelurahan Pabundukang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional Elektroteknik dan Teknologi Informasi 2022.

[thumbnail of 9 PAPER NO. 9 YUSRAN - SNETI 2022 - FULL TEXT.pdf] Text
9 PAPER NO. 9 YUSRAN - SNETI 2022 - FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Driver Traktor Semimanual diinisiasi sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh petani sawah Kelurahan Pabundukang yang berperan sebagai mitra dalam kegiatan ini. Kelurahan Pabundukang merupakan daerah yang terletak di Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan yang memiliki hamparan sawah yang luas dimana banyak dari penduduknya adalah petani. Dalam pertanian, pembajakan sawah biasanya digunakan alat seperti traktor. Dalam Artikel ini akan dijelaskan proses dan konsep penerapan IPTEKS Driver Traktor Semimanual dimana teknologi yang diterapkan pada petani dirancang untuk bisa lebih mudah dioperasionalkan dari jarak jauh menggunakan remote control yang terkoneksi langsung pada modul rangkaian yang terpasang pada traktor, sehingga memudahkan petani dalam membajak lahan persawahan, serta mengurangi dampak keterlambatan petani dalam membajak sawah.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:31
Last Modified: 03 Mar 2023 07:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25633

Actions (login required)

View Item
View Item