ANALISIS KINERJA BAPPEDA LITBANG DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (Studi Di Bappeda Litbang Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat) = Performance Analysis Of R&D Bappeda In Regional Development Planning (Study At The Research And Development Agency Bappeda, Pasangkayu Regency, West Sulawesi Province)


Fitriani, Fitriani (2023) ANALISIS KINERJA BAPPEDA LITBANG DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (Studi Di Bappeda Litbang Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat) = Performance Analysis Of R&D Bappeda In Regional Development Planning (Study At The Research And Development Agency Bappeda, Pasangkayu Regency, West Sulawesi Province). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022211007_tesis_20-02-2023 cover1.png

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P022211007_tesis_20-02-2023 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P022211007_tesis_20-02-2023 dp.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P022211007_tesis_20-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

FITRIANI. Analisis Kinerja Bappeda Litbang dalam Perencanaan Pembangunan Daerah (Studi di Bappeda Litbang Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat). (dibimbing oleh Prof. Dr. Rabina Yunus, M.Si dan Dr. Andi Muhammad Rusli., M.Si )
Penelitian ini bertujuan mengkaji mengenai proses perumusan kebijakan teknis dalam perencanaan pembangunan serta faktor yang mempengaruhi proses perumusan kebijakan teknis dalam bidang perencanaan pembagunan di Bappeda Litbang Kabupaten Pasangkayu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, yang digunakan adalah pendekatan studi kasus observasi yaitu kajian memprioritaskan observasi dan partisipasi sebagai teknik pengumpulan data artinya data yang diamati adalah data yang terjadi saat ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hal yang harus diperhatikan dalam proses perumusan kebijakan teknis perencanaan pembangunan daerah yaitu kordinasi antar stakeholder, partisipasi masyarakat dan komitmen pemimpin dan DPRD untuk memastikan program prioritas sebagai acuan dalam menerjemahkan visi misi daerah yang telah ditetapkan: (1) Peningkatan kualitas pembangunan manusia; (2) Penguatan struktur perekonomian daerah; (3) Perluasan aktivitas ekonomi produktif dan berdaya saing; (4) Penguatan dan pemerataan pembangunan infrastruktur; (5) Pengurangan kemiskinan dan kesenjangan di perdesaan; (6) Peningkatan kualitas lingkungan hidup; dan (7) Perbaikan tatakelola pemerintahan dan pelayanan publik, dapat terimplementasi dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip dan arah kebijakan yang mengikuti perkembangan pembangunan nasional dan kebutuhan daerah.

Kata Kunci: Kebijakan, Perencanaan, Pembangunan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Policy, Planning, Development
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:19
Last Modified: 09 Mar 2023 03:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25536

Actions (login required)

View Item
View Item