Inventarisasi Jenis Ikan Kerapu dan Ikan Kakap yang Diperdagangkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan = Inventory of Species of Grouper-Snapper Traded at the Lappa Fish Auction Place (TPI), Sinjai Regency, South Sulawesi


Malkab, A. Nurul Izzah (2023) Inventarisasi Jenis Ikan Kerapu dan Ikan Kakap yang Diperdagangkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan = Inventory of Species of Grouper-Snapper Traded at the Lappa Fish Auction Place (TPI), Sinjai Regency, South Sulawesi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L021191061_skripsi_30-01-2023 COVER1.jpg

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L021191061_skripsi_30-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L021191061_skripsi_30-01-2023 DP.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L021191061_skripsi_30-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kabupaten Sinjai merupakan daerah di Provinsi Sulawesi Selatan dengan potensi perikanan ikan kerapu (Serranidae) dan ikan kakap (Lutjanidae) yang cukup besar, akan tetapi sampai saat ini belum ada informasi yang jelas mengenai jumlah spesies ikan kerapu dan kakap yang diperdagangkan di Kabupaten Sinjai. Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi jenis ikan kerapu dan kakap, menganalisis komposisi jenis ikan kerapu dan kakap serta mengidentifikasi perbedaan morfologi ikan kerapu dan ikan kakap yang tergolong similar spesies berdasarkan hasil tangkapan nelayan yang diperdagangkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Lappa, Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Penelitian dilakukan pada bulan Juni–Agustus 2022 di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Lappa, Kabupaten Sinjai. Sampel diperoleh dengan mengambil gambar setiap individu ikan kerapu dan ikan kakap pada setiap penjual ikan yang kemudian diidentifikasi jenisnya. Analisis data meliputi perhitungan nilai komposisi jenis. Hasil penelitian diperoleh ikan kerapu dan kakap yang berjumlah 40 spesies yang terdiri dari 28 jenis ikan kerapu dan 12 jenis ikan kakap. Komposisi jenis ikan kerapu yang paling dominan adalah Epinephelus ongus, Anyperodon leucogrammicus dan Cephalopholis cyanostigma, sedangkan jenis ikan kerapu dengan nilai komposisi jenis rendah adalah Variola louti, E. undulosus, E. miliaris, E. coeruleopunctatus dan E. bleekeri. Untuk jenis ikan kakap dengan komposisi jenis tertinggi adalah Lutjanus gibbus dan ikan kakap dengan nilai komposisi jenis terendah yaitu L. argentimaculatus, L. johnii, dan L. russellii. Ada lima kelompok ikan yang tergolong similar species, yakni: (1) kelompok E. quoyanus, E. maculatus, E. faveatus; (2) kelompok spesies E. coioides, E. bleekeri dan E. areolatus; (3) kelompok spesies V. louti dan V. albimarginata; dan (4) Plectropomus leopardus dan P. maculatus; untuk famili Serranidae; serta (5) kelompok spesies L. johnii dan L. russelli untuk famili Lutjanidae.

Keywords : inventarisasi, ikan kerapu, ikan kakap, komposisi jenis, similar species

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: inventory, grouper, snapper, species composition, similar species
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:07
Last Modified: 08 Mar 2023 04:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25512

Actions (login required)

View Item
View Item