PENCAPAIAN KOSAKATA MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN STRATEGI MENDEFINISIKAN KEMBALI SECARA KONTEKSTUAL UNTUK KELAS FARMASI


Andi Samsurijal, Andi Samsurijal (2013) PENCAPAIAN KOSAKATA MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN STRATEGI MENDEFINISIKAN KEMBALI SECARA KONTEKSTUAL UNTUK KELAS FARMASI. Thesis thesis, Uniniversitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
--andisamsur-5290-1-13-andi-l.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

i mendefinisikan kembali kata berdasarkan konteks dalam
pengajaran kosakata untuk kelas Farmasi; (2) menginvestigasi apakah
strategi mendefinisikan kembali kata berdasarkan konteks dapat
meningkatkan capaian koskata mahasiswa Farmasi; (3) mengetahui sikap
mahasiswa Farmasi terhadap aplikasi strategi mendefinisikan kembali
kata berdasarkan konteks.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan
percobaan murni yang dilangsungkan pada mahasiswa Jurusan Farmasi,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam
Makassar. Strategi mendefinisikan kembali kata berdasarkan konteks
diajarkan pada kelas MIPA A sebagai kelompok uji coba. Untuk
mengetahui peningkatan capaian kosakata mahasiswa, peneliti
menggunakan tes awal dan tes akhir. Kemudian data dianalisis dengan
menggunakan SPSS dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan; pertama prosedur dalam aplikasi
strategi mendefinisikan kembali kata berdasarkan konteks dapat
membawa mahasiswa menjadi pembelajar yang mandiri di dalam dan di
luar kelasdanstrategi ini dapat diaplikasikan untuk kelas Bahasa Inggris
Kefarmasian. Kedua, terdapat peningkatan skor mahasiswa setelah
pemberian uji coba. Secara statistik, skor rata-rata untuk tes awal adalah
36.7667, dan rata-rata skor untuk tes akhir adalah 54.1467. Hal tersebut
berarti bahwa pengajaran kosakata melalui strategi mendefinisikan
kembali kata berdasarkan konteks secara signifikan berpengaruh
terhadap pencapaian kosakata mahasiswa Farmasi. Ketiga, mahasiswa
Farmasi memberikan sikap positif terhadap pengaplikasian strategi
mendefinisikan kembali kata berdasarkan konteks dan terdapat 73.3 %
mahasiswa Farmasi setuju jika pengajar bahasa Inggris untuk mata kuliah
bahasa Inggris Kefarmasian menggunakan strategi tersebut untuk
meningkatkan kosakata mahasiswa. Dengan menggunakan strategi
mendefinisikan kembali kata berdasarkan konteks pada pengajaran
kosakata dapat membawa dampak positif terhadap pengembangan
capaian kosakata mahasiswa Farmasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 07 Mar 2023 01:51
Last Modified: 07 Mar 2023 01:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25454

Actions (login required)

View Item
View Item