Smart Gate System untuk Akses Kontrol Keamanan Kampus


Mansur, Khairunnisa (2017) Smart Gate System untuk Akses Kontrol Keamanan Kampus. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
KHASIRUNNISA MANSUR.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan mengembangkan smartgate system sebagai akses kontrol keaamanan dalam lingkungan kampus Fakultas Teknik Universitas Hasannuddin. Kartu NFC smart card digunakan sebagai identifikasi civitas akademik sebagai user untuk proses otentikasi.
Penelitian terbagi atas dua perancangan, yakni perancangan website dan perancangan sistem prototype smart gate. Perancangan website dioperasikan oleh pengguna untuk mangisi form biodata dan administrator dalam melakukan registrasi kartu. Pada smart card ditulis key otentikasi dan informasi biodata user yang telah dienkripsi. Perancangan sistem menngunakan pembaca NFC PN532 NFC RFID module, mikrokontroler, NFC tag, sensor PING, motor servo, router, dan ethernet shield. identifikasi dilakukan pada smart card sekaligus kartu identitas. User yang ingin memeasuki are kampus harus melewati gate dan melakukan proses identifikasi pada pembaca smart card. Proses identifikasi dan otetikasi dengan membaca UID dan memasukan kode tertentu ke dalam smart card. Smart card yang terdaftar akan membuka gate. Gate akan tertutup setelah user melewati sensor. Riwayat akses akan terupdate pada server database melalui Local Area Nework(LAN).

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Unnamed user with username erwiyanti
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:30
Last Modified: 24 Feb 2023 07:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25423

Actions (login required)

View Item
View Item