IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 KONAWE SELATAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA


SYAHRIR, JEFRIANTO (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 KONAWE SELATAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of sampul]
Preview
Image (sampul)
F032191002_tesis cover1.png

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
F032191002_tesis 1-2.pdf

Download (746kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
F032191002_tesis dapus.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of full teks] Text (full teks)
F032191002_tesis-----.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
JEFRIANTO SYAHRIR. Implementasi Program Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara (dibimbing oleh Tadjuddin Maknun dan Munira Hasjim).

Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan implementasi program literasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara dan (2) menjelaskan efektifitas dan hambatan yang terjadi dalam program literasi di SMA Negeri 1 Konawe Selatan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Studi ini memberikan gambaran menyeluruh tentang implementasi, efektivitas, dan hambatan yang terjadi dalam program literasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi belum berjalan dengan maksimal.Permasalahan program literasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang terjadi di SMA Negeri 1 Konawe Selatan antara lain strategi pembelajaran yang kurang relevan, ketersediaan sarana dan prasarana yang kurang mendukung dan tidak memadai, kurangnya sosialisasi dari pihak sekolah ke pemerintah setempat, orang tua murid, dan peserta didik itu sendiri.Serta rendahnya minat baca pada siswa, seperti terlihat pada hasil angket sebanyak 57% siswa tidak setuju menyisihkan waktunya untuk kegiatan membaca, 48% siswa tidak setuju kegiatan membaca lebih disukai daripada bermain, 57% siswa menjawab setuju bahwa kegiatan membaca hanya dilakukan setelah mendapat tugas. Masalah berikutnya dalam program literasi adalah dominasi budaya oral (lisan) dibandingkan budaya membaca dan menulis.Hal ini menunjukkan bahwa program literasi belum berjalan efektif untuk meningkatkan minat baca dan tulis pada siswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:15
Last Modified: 24 Feb 2021 04:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2539

Actions (login required)

View Item
View Item