ANALISIS QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT TERHADAP PERBAIKAN KUALITAS PADA MAINTENANCE DEPT. PT VALE INDONESIA Tbk.


GANNA, OKTAVIANUS RIZA (2013) ANALISIS QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT TERHADAP PERBAIKAN KUALITAS PADA MAINTENANCE DEPT. PT VALE INDONESIA Tbk. Thesis thesis, Uniniversitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
--oktavianus-5228-1-13-oktav-3.pdf

Download (801kB)

Abstract (Abstrak)

Quality Function Deployment (QFD) adalah pendekatan terstruktur untuk
mendefinisikan kebutuhan pelanggan atau
persyaratan dan menerjemahkannya ke dalam rencana spesifik untuk
menghasilkan produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
"Suara pelanggan" adalah istilah untuk menggambarkan kebutuhan
pelanggan dinyatakan dan tak tertulis atau persyaratan. Suara pelanggan
ditangkap dalam berbagai cara: diskusi langsung atau wawancara, survei,
kelompok fokus, spesifikasi pelanggan, observasi, data yang di garansi,
laporan di lapangan, dll. Pemahaman tentang kebutuhan pelanggan ini
kemudian dirangkum dalam perencanaan produk matriks atau "rumah
kualitas". Matriks ini digunakan untuk menerjemahkan tingkat yang lebih
tinggi "apa" atau kebutuhan ke tingkat yang lebih rendah "bagaimana"
persyaratan produk atau karakteristik teknis untuk memenuhi kebutuhan
tersebut.
Hasil analisis QFD pada bobot Costumer Requirement dapat diketahui
bahwa atribut yang pelanggan syaratkan (Voice of Customer) dan dinilai
sangat penting adalah peralatan maintenance yang modern, ruang
spareparts yang modern, kebersihan toilet, kemudahan proses charging
dalam SAP system, kecepatan pelayanan pelanggan, kecepatan teknisi
menangani masalah, kemampuan menangani permasalahan pelanggan,
adanya jaminan garansi, operator selalu menjaga kesopanan dalam
memberikan pelayanan.
Penjelasan teknis (technical descriptos) mampu menjawab atau cukup
signifikan dalam memenuhi persyaratan pelanggan (costumer
requirement), dan dapat disimpulkan bahwa aplikasi QFD pada
Maintenance Departemen adalah baik. Target operasional yang dilakukan
Maintenance Departemen PT.Vale Indonesia dalam mendukung aplikasi
QFD dapat dilihat dalam gambar House of Quality tepatnya dalam
pencapaian prioritized technical descriptors. Prioritas yang didahulukan
untuk mencapai persyaratan pelanggan adalah pelatihan khusus para
karyawan atau teknisi atau operator.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Quality Function Deployment, House of Quality
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:05
Last Modified: 02 Mar 2023 02:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25377

Actions (login required)

View Item
View Item