Perancangan Aplikasi Penjadwalan Pekerjaan Pada Perusahaan Percetakan Menggunakan Metode Earliest Due Date (Studi Kasus CV. The Kalong Kabupaten Soppeng) = Designing Job Scheduling Applications in Printing Companies Using the Earliest Due Date Method (Case Study of CV. The Kalong, Soppeng Regency)


Sabri S, Muhammad (2023) Perancangan Aplikasi Penjadwalan Pekerjaan Pada Perusahaan Percetakan Menggunakan Metode Earliest Due Date (Studi Kasus CV. The Kalong Kabupaten Soppeng) = Designing Job Scheduling Applications in Printing Companies Using the Earliest Due Date Method (Case Study of CV. The Kalong, Soppeng Regency). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D121181307_skripsi_21-02-2023 COVER1.jpg

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D121181307_skripsi_21-02-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D121181307_skripsi_21-02-2023 DP.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D121181307_skripsi_21-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 February 2025.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Pencatatan pesanan pada perusahaan percetakan ini masih dilakukan secara konvensional yakni masih ditulis tangan. Ada banyak pesanan yang diterima tiap harinya terlebih jika dihari-hari tertentu pesanan mengalami penumpukan, proses pengerjaan pesanan yang dilakukan karyawan yakni sistem borongan fokus pada satu kerjaan. Aplikasi penjadwalan ini bertujuan agar dapat mengatur pesanan yang mesti dikerjakan terlebih dahulu sehingga kegiatan produksi dalam perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik serta pembagian tanggung jawab untuk menyelesaikan setiap pesanan masuk sehingga diharapkan masing-masing karyawan memiliki beban pekerjaan yang merata, dengan adanya pembagian pekerjaan ini akan memunculkan rasa tanggung jawab tiap karyawan untuk menyelesaikan pesanan customer selain itu adanya catatan stok bahan dan alat yang ready pada aplikasi ini.
Tujuan dari penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi penjadwalan pekerjaan untuk mengatur kegiatan penjadwalan pesanan customer setiap harinya, sehingga pesanan masuk lebih terorginisir dengan baik
Aplikasi ini memanfaatkan metode earliest due date dalam proses penjadwalan nya dalam artian pesanan masuk akan dibuatkan tanggal jatuh tempo secara otomatis.
Hasil yang didapatkan berupa aplikasi penjadwalan pekerjaan yang telah bebas dari kesalahan (error program) dan telah diuji menggunakan black-box testing dengan pengecekan seluruh fungsionalitas dari aplikasi selain itu dilakukan pengujian whitebox testing dengan teknik basis path pada metode earliest due date menunjukkan hasil nilai sama yakni bernilai 3. Jika 3 parameter pengujian bernilai sama maka dapat disimpulkan bahwasanya pengujian untuk metode yang dipakai dapat berjalan dengan baik dan telah lulus pengujian berdasarkan perhitungan dari parameter keberhasilan dalam pengujian whitebox. Selanjutnya Pada pengujian kelayakan untuk pengguna, sebanyak 14 responden menjawab 7 buah pertanyaan dengan memberikan penilaian berskala 1 sampai 5, maka didapatkan nilai rata-rata 4,48 yang masuk ke dalam kategori sangat layak berdasarkan rumus pengkategorian dari User Acceptance Test. Dari hasil pengujian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini layak digunakan. Pembuatan website ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL untuk pengolahan database.

Keywords : Penjadwalan Pekerjaan, Earliest Due Date, PHP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Job Scheduling, Earliest Due Date, PHP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:04
Last Modified: 02 Mar 2023 02:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25373

Actions (login required)

View Item
View Item