Studi Serpentinisasi dan Pengaruhnya Terhadap Kadar Nikel Laterit Pada Batuan Ultramafik PT. Karya Alam Abadi, Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara = Serpentinization Study and Its Effect on Laterite Nickel Content in Ultramafic Rocks PT. Karya Alam Abadi, North Konawe Regency, Southeast Sulawesi Province


Umar, Muh. Gazali (2023) Studi Serpentinisasi dan Pengaruhnya Terhadap Kadar Nikel Laterit Pada Batuan Ultramafik PT. Karya Alam Abadi, Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara = Serpentinization Study and Its Effect on Laterite Nickel Content in Ultramafic Rocks PT. Karya Alam Abadi, North Konawe Regency, Southeast Sulawesi Province. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D061181031_skripsi_21-02-2023 COVER1.jpg

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D061181031_skripsi_21-02-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D061181031_skripsi_21-02-2023 DP.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D061181031_skripsi_21-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 February 2025.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Pembentukan endapan nikel laterit erat kaitannya dengan proses serpentinisasi yang terjadi pada batuan peridotit. Larutan hidrotermal mengubah batuan peridotit menjadi batuan serpentinit atau batuan peridotit terserpentinisasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakteristik batuan ultramafik yang terserpentinisasi dan pengaruhnya terhadap kadar nikel laterit pada batuan. Penelitian ini terletak di wilayah IUP blok Y dan blok V PT. Karya Alam Abadi, Desa Waturambaha, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan lapangan, analisis petrografi dan analisis geokimia (X-Ray). Berdasarkan tingkat serpentinisasi pada batuan di daerah penelitian terbagi dua yaitu pada blok Y terjadi tingkat serpentinisasi rendah – sedang yang dijumpai mineral lizardit dan mineral krisotil. Sedangkan pada blok V terjadi tingkat serpentinisasi rendah yang dijumpai mineral krisotil. Tingkat serpentinisasi sedang di blok Y menghasilkan kadar Ni yang tinggi dan tingkat serpentinisasi rendah juga menghasilkan kadar Ni yang tinggi pada zona saprolit sehingga konsentrasi kadar Ni yang tinggi juga berasal dari kandungan mineral primer yakni olivin karena serpentinisasi hanya terjadi lokal di batuan dasar. Berdasarkan hasil analisis petrografi, jenis batuan yang ada di blok Y yaitu wherlit, websterit, olivin ortopiroksenit dan olivin klinopiroksenit. Sedangkan pada blok V jenis batuan yang dijumpai yaitu klinopiroksenit, lherzolite dan websterit.

Keywords : Serpentinisasi, Batuan Ultramafik, Geokimia, Nikel Laterit, Konawe Utara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Serpentinization, Ultramafic Rocks, Geochemistry, Nickel Laterite, North Konawe
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Geologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:01
Last Modified: 02 Mar 2023 02:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25371

Actions (login required)

View Item
View Item