Bariyyah, Khairul (2012) PERANAN MEDIA KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BUTA AKSARA BAGI IBU RUMAH TANGGA DI PKBM ASSYURO’ KECAMATAN MASBAGIK LOMBOK TIMUR. Thesis thesis, Uniniversitas Hasanuddin.
--khairulbar-5203-1-12-khai-h.pdf
Download (802kB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mengetahui media apa saja
yang digunakan dalam pembelajaran buta aksara bagi ibu rumah tangga di
PKBM Assyuro’ Kecamatan Masbagik Lombok Timur; Kedua Untuk
mengetahui tingkat kemampuan belajar ibu rumah tangga dalam membaca,
menulis dan berhitung di PKBM Assyuro’ Kecamatan Masbagik Lombok
Timur; dan Ketiga untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media
dengan hasil pembelajaran ibu rumah tangga yang buta aksara di PKBM
Assyuro’ Kecamatan Masbagik Lombok Timur.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang lebih terfokus pada proses
daripada hasil penelitian itu sendiri. Teknik pengumpulan data melalui
wawancara, survey dan test fokus group. Kemudian data yang telah
dikumpulkan direduksi (data reduction). Tahapan selanjutnya adalah
melakukan interpretasi terhadap data yang telah diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pertama, media yang digunakan
dalam pembelajaran buta aksara bagi ibu rumah tangga di PKBM Asyyuro di
antaranya, media visual berupa modul, gambar-gambar, slide (gambar
bingkai), poster alphabet, foto, potongan-potongan kertas yang bertuliskan
penggalan kata perkata, dan kartu huruf yang berisi huruf-huruf mulai dari
huruf A-Z; Kedua,Tingkat kemampuan belajar ibu rumah tangga dalam
membaca, menulis dan berhitung di PKBM Asyyuro’ pada dasarnya
bervariasi akan tetapi dapat digambarkan bahwa tingkat kemampuan warga
belajar terhadap materi pelajaran awalnya tergolong sangat rendah, bahkan
menulis sangat susah. Akan tetapi setelah beberapa kali dilakukan
pertemuan, kemampuan warga belajar dalam membaca, menulis dan
berhitung mulai meningkat dan dapat dikategorikan sedang. Artinya bahwa
dalam proses pembelajaran ada warga belajar yang daya serap cepat namun
jumlahnya lebih sedikit, ada yang sedang dan ada daya serap lamban, tapi
tidak semua warga belajar mengalaminya; dan Ketiga, Hubungan antara
penggunaan media dengan hasil pembelajaran ibu rumah tangga di Assyuro’
sangat erat hubungannya dengan penggunaan media pembelajaran motivasi
belajar, semangat, dan minat belajar bagi ibu rumah tangga meningkat,
sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca, menulis,
dan berhitung bagi warga belajar
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | sangiasseri abubakar |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 01:44 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 01:44 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25324 |