PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP WOM DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KAGANGA COFFEE MAKASSAR)


Wicaksana, Hylman Jatmiko Nur (2023) PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP WOM DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KAGANGA COFFEE MAKASSAR). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of A012211099_tesis_25-01-2023 COVER1.jpg]
Preview
Image
A012211099_tesis_25-01-2023 COVER1.jpg

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of A012211099_tesis_25-01-2023 BAB 1-2.pdf] Text
A012211099_tesis_25-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of A012211099_tesis_25-01-2023 DP.pdf] Text
A012211099_tesis_25-01-2023 DP.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A012211099_tesis_25-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Hylman Jatmiko Nur Wicaksana. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap WOM dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada Kaganga Coffee Makassar). (Dibimbing Oleh Nuraeni Kadir dan Andi Reni)

Pertumbuhan bisnis coffee shop di Kota Makassar mengakibatkan persaingan yang semakin kompetitif. Inovasi diperlukan untuk keberlangsungan bisnis, mulai dari membangun brand image, peningkatan kualitas pelayanan, hingga kepuasan pelanggan. Era konektivitas menuntut pelanggan untuk dapat merekomendasikan produk yang telah dibeli, salah satu cara dengan word of mouth. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh antara brand image dan kualitas pelayanan terhadap word of mouth (WOM) dengan dimediasi oleh kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan 287 sampel yang diambil dari masyarakat Kota Makassar yang telah menjadi pelanggan dengan minimal melakukan pembelian 2 (dua) kali pada Kaganga Coffee. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen, kualitas layanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap word of mouth (WOM). Pengaruh brand image dan kualitas layanan terbukti signifikan positif terhadap word of mouth (WOM). Hasil ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dapat memediasi pengaruh brand image dan kualitas layanan secara parsial terhadap word of mouth (WOM).

Kata kunci: Brand Image, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Word of Mouth, WOM

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:37
Last Modified: 27 Feb 2023 01:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25323

Actions (login required)

View Item
View Item